MIX.co.id – Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali menggelar program tahunan “Indonesia PR of The Year 2024”.
Tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-17, menyuguhkan beragam program komunikasi terbaik dari korporat lintas segmen industri dan praktisi PR terpuji sepanjang 2023 dan 2024 hasil evaluasi para juri dan media.
Dibandingkan dengan rekognisi sejenis, anugerah Public Relations (PR) of the Year 2024 ini berbeda karena penilaiannya tidak hanya kualititaf dari para ahli komunikasi, melainkan juga dari pengukuran engagement rate di kanal digital (media sosial dan website), dan penilaian para jurnalis sebagai salah satu pemangku kepentingan dunia komunikasi.
Dijelaskan oleh Lis Hendriani, Pemimpin Redaksi Majalah MIX MarComm, partisipan anugerah tahunan ini dikumpulkan melalui tiga cara, yaitu partisipasi aktif (lewat penyebaran eflyer call for entries), riset online dan liputan langsung (oleh jurnalis MIX MarComm), serta pengumpulan data dari para jurnalis media nasional peliput isu-isu bisnis dan korporasi (melalui polling).
Tercatat lebih dari seratus entries program Public Relations, praktisi PR di perusahaan maupun di agensi, dan agensi PR (secara institusi) sebagai partisipan.
Selanjutnya, partisipan untuk PR Program of the Year di-review melalui beberapa tahapan. Mulai dari konfirmasi kategori program, evaluasi program oleh para juri (expert), dan pendalaman materi melalui diskusi antara juri dengan para partisipan aktif (Zoom Meeting).
Pada saat yang sama, dilakukan survei kepada para jurnalis untuk memilih program Media Relations dan Press Release terbaik, serta PR Practitioners of the Year 2024. “Paralel juga dilakukan pengecekan kinerja program di digital channel dengan Ripple10 Digital Listening Tools dan Social Media Monitoring,” papar Lis.
Tahap penilaian oleh dewan juri dilakukan melalui tiga...