Tahap penilaian oleh dewan juri dilakukan melalui tiga variable, yaitu Strategi, Eksekusi, dan Hasil (Result) program. Lebih spesifik, penilaian Hasil dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu OUTPUT dan OUTCOME yang dilakukan lewat diskusi dan wawancara langsung dengan pemilik program serta judgment juri berdasarkan data yang masuk ke Redaksi, serta OUTTAKES lewat data crawling oleh Ivosights (pemilik Ripple10 Digital Listening Tools).
Variabel Outtakes dievaluasi melalui parameter Engagement Index yang diukur dengan alat Ripple10 Digital Listening Tools dan Social Media Monitoring dari Ivosights—yang di dalamnya terdapat pengukuran potential impact.
Selanjutnya, hasil penilaian Dewan Juri terhadap program PR direkapitulasi, dicari rerata dan standard deviasinya, lalu dibuat klasifikasi rating-nya. Setiap entries berhak mendapat rekognisi sesuai level rating yang dicapai, yaitu EXCELLENT, VERY GOOD, atau GOOD. Entries yang mendapat penilaian di bawah Good, dapat mencoba kembali pada tahun mendatang. Khusus untuk Program Media Relations dan The Best Press Release, penghargaan diberikan berdasarkan hasil penilaian Jurnalis.
Sementara pada pemilihan praktisi Public Relations dan Komunikasi dilakukan melalui dua cara, yaitu Journalist Choice (lewat penyebaran kuesioner kepada para jurnalis desk bisnis) dan Professional Judgement (lewat wawancara dengan Dewan Juri). Praktisi PR yang dipilih oleh para jurnalis adalah mereka yang memiliki kinerja media relations terbaik. Sedangkan praktisi yang dipilih melalui jalur Professional Judgement adalah mereka yang mengajukan diri (bersifat voluntary) untuk di-review oleh para professional melalui wawancara via Zoom Meeting.
Seminar ‘PR Today & Tomorrow’...