Indosat Ooredoo Hutchison, #BersatuUntukIndonesia - The Best Creative PR Program "PR of the Year 2022"

MIX.co.id - Merger dua perusahaan telekomunikasi—Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia—menjadi  Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjadi isu hangat yang diperbincangkan warganet pada awal 2022 menyusul kampanye #BersatuUntukIndonesia untuk mendukung komunikasi tentang corporate action tersebut.

Ada tiga objektif dari kampanye digital yang digelar pada Januari 2022 itu. Pertama, meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap merger IOH. Kedua, menceritakan kisah bersatunya IOH kepada masyarakat. Ketiga, memberikan kampanye digital yang berkesan dan engaging pada masyarakat.

Kampanye diawali dengan teaser “Resolusi Tahun Baru” yang dikomunikasikan pada 31 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022. Teaser ini menyampaikan pesan bahwa resolusi tahun baru 2022 Indosat Ooredoo adalah menjadi IOH. Pesan ini dibalut secara halus dan subtle. Pesan-pesan teaser tersebut disambut baik audiens dan mendapatkan rata-rata engagement rate 4% setiap postnya (jika dibandingkan dengan reach konten secara organik).

Selanjutnya, saat launching, pada 4 Januari 2022, IOH melakukan simplifikasi pesan-pesan korporasi melalui publikasi materi video dan infografis. Pada periode launching, IOH memanfaatkan berbagai kanal media sosial resmi ketiga entitas. Dengan engagement dan pesan yang selaras, akun resmi ketiga entitas—yaitu IM3 Ooredoo, Tri Indonesia, dan Indosat Ooredoo Hutchison—menjadi lebih kompak dan terlihat sudah “bersatu” sejak di linimasa media sosial.

Kampanye ini berhasil mendapatkan lebih dari 42 ribu followers baru pada Januari 2022 untuk akun Indosat Ooredoo Hutchison. Pertumbuhan followers bulanan pun mencapai lebih dari 170%; ada 10.238 post yang diterbitkan dengan hashtag #BersatuUntukIndonesia selama Januari 2022; ada 203.529.435 impressions diperoleh di seluruh platform medsos dari konten ber-hashtag #BersatuUntukIndonesia selama Januari 2022; ada 1.113.083 engagement diperoleh di seluruh platform media sosial selama Januari 2022; ada 169.841 klik ke Website di seluruh platform media sosial dan content publisher IOH selama Januari 2022; dan 64.863.000 views video di seluruh platform media sosial dan content publisher IOH selama Januari 2022.

Menurut penilaian juri Dr. Nurlaela Arief, yang kini menjabat sebagai Director of Communication & Alumni Relations SBM ITB, program merger korporasi merupakan corporate action yang tidak mudah untuk dilakukan. “Membawa pesan ini ke luar, tentu IOH telah membereskan urusan di internal dan mendapat dukungan karyawan. Dengan evaluasi engagement yang baik dan dukungan berbagai pihak dari BUMN dan sebagainya, ini merupakan campaign yang kuat dan berhasil,” katanya. (Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)