Intan Pratiwi Darmawanti (Senior PR Practitioner of The Year 2021)

Konsisten dalam berkarir di dunia komunikasi, inilah yang dilakoni Intan Pratiwi Darmawanti. Sejak tahun 2014 sampai sekarang, alumnus President University jurusan Komunikasi ini tercatat sebagai Corporate Communication Manager Herbalife Nutrition Indonesia.

Intan, sapaan akrabnya, menekuni dunia Public Relations (PR) sejak menjadi staf PR di Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, lalu di perusahaan konsumer Nestle Indonesia, Majalah The Peak Indonesia, Hasnur Group, hingga produsen kertas dan pulp APRIL.

Berbekal pengalaman itulah, Intan sangat piawia dalam menjalin relationship dengan media. Menurutnya, Herbalife Nutrition Indonesia memandang jurnalis dan media sebagai salah satu stakeholder utama perusahaan dalam menjalankan bisnis.

“Untuk itu, kami sebagai penanggung jawab komunikasi perusahaan menempatkan media di posisi sejajar dan membangun hubungan dengan dilandasi azas saling menghormati,” tuturnya. Di samping piawai menjalin relationship dengan media, Intan pun terlibat aktif menangani program Corporate Social Responsibility (CSR), komunikasi krisis, hingga mengelola event.

Dalam membangun hubungan baik dengan media, ia selalu berusaha untuk mengetahui kebutuhan jurnalis dan media dalam menjalankan tugas jurnalistik. Ia selalu berupaya membantu awak media, seperti menyiapkan schedule wawancara, memberikan press release, hingga akses bagi awak media untuk konfirmasi dengan narasumber terkait di perusahaan.

Ia mengakui, membangun hubungan dengan media tidak dapat dilakukan secara instan. “Hubungan harus dibangun seperti membangun hubungan antar teman bahkan antar anggota keluarga yang intens dan rutin membangun komunikasi,” tuturnya.

Di tengah pandemi Covid-19, kegiatan event atau press conference mesti dilakukan secara daring. Kegiatan yang sebelumnya diadakan secara atap muka sekarang digelar secara virtual. Tantangan terberatnya adalah mengupayakan diri untuk dapat beradaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan baru selama pandemi. Hal ini juga terjadi dalam melakukan bisnis perusahaan termasuk cara menjalin komunikasi dengan teman-teman media.

Cara mengatasinya, menurut Intan, adalah berpikir positif terhadap keadaan dan berupaya sebisa mungkin untuk tetap produktif meski banyak hambatan melakukan aktifitas fisik di luar rumah. Awak media pun sangat memahami kondisi pandemi sehingga mereka dapat tetap menjalankan tugas jurnalistik. Untuk memperoleh bahan berita misalnya, awak media menghadiri press conference yang diadakan Herbalife secara virtual.

Saat disinggung soal program internal perusahaan, ia menjelaskan bahwa program internal itu harus sesuatu yang menyenangkan dan sebisa mungkin melibatkan karyawan dalam setiap kegiatannya. Berbagai kegiatan internal yang selama ini dilakukan dengan melibatkan karyawan adalah kegiatan yang menciptakan social value bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Saya percaya tim yang solid akan tercipta dari lingkungan kerja yang menyenangkan. Selain menyenangkan, tempat kerja harus bisa menjadi rumah kedua bagi karyawannya. Perusahaan harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi karyawannya,” ungkap Intan Pratiwi Darmawanti, peraih anugerah PR of The Year 2021 kategori Senior Practicioners dari Majalah MIX.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)