Kampanye 3M ABC Kalbe Consumer Health, The Best Outtakes Pandemic PR Program Category "PR of the Year 2022"

MIX.co.id – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI berkolaborasi dengan Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC meluncurkan Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif dan Ceria) dalam rangka mendukung penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas tahun ajaran baru 2021/2022.

Kampanye 3M ABC dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pemahaman anak-anak mengenai Prokes belum sekuat orang dewasa, sehingga diperlukan program edukasi mengenai Prokes untuk anak yang dibuat sekreatif mungkin agar mudah dipahami dan diterapkan oleh anak-anak.

Sementara objektif dari kampanye ini adalah mengedukasi murid Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan Prokes 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak) dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi – melalui pemberian multivitamin – bergerak aktif dan ceria untuk lawan Covid-19.

Kampanye 3M ABC (Asupan nutrisi, Bergerak aktif & Ceria) didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), diimplementasikan dalam bentuk video senam berdurasi 12 menit modul gerakan senam dan poster edukasi digital yang disebarkan ke 149.000 SD di Indonesia, pemberian vitamin Sakatonik ABC ke 100 sekolah terpilih yang direkomendasikan oleh Kemendikbudristek RI, pelatihan tenaga didik, serta edukasi ke media dan komunitas.

Kemendikbudristek juga merekomendasikan gerakan senam 3M ABC untuk dilaksanakan menyeluruh untuk siswa kelas 1 hingga 6, sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Senam 3M ABC juga direkomendasikan dilaksanakan pada saat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) secara klasikal.

“Kemendikburistek mengapresiasi Kalbe Consumer Health melalui brand Sakatonik ABC atas inisiasinya dalam menyusun Kampanye 3M ABC dengan gerakan senam, materi edukasi, dan pelatihan. Semoga Kampanye 3M ABC ini memberikan manfaat yang besar bagi generasi muda penerus bangsa,” ujar Sri Wahyuningsih selaku Direktur Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI.

Sementara Direktur Kalbe Consumer Health Feni Herawati, menuturkan kampanye 3M ABC merupakan bentuk komitmen Kalbe Consumer Health, melalui brand Sakatonik ABC, dalam mendukung kampanye 3M dan PTM Terbatas.

“Selain itu, kampanye ini juga bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang dan kesehatan anak-anak Indonesia, melalui Sakatonik ABC yang mengandung multivitamin lengkap dari vitamin A-E yang penting bagi tubuh anak Indonesia,” imbuhnya.

Tahun ini, merupakan program lanjutan implementasi kampanye 3M ABC dan #GerakanTanganABC yang dilakukan di 6 SD pilihan yang mewakili 6 area DKI Jakarta dan pelatihan tenaga didik melalui jejaring Kemendikbud.

Kampanye 3M ABC menuai hasil (input) positif. Dalam hal brand eksposure, terjalin korelasi dengan brand Sakatonik ABC yang sangat erat yang diimplementasikan melalui jingle Sakatonik ABC dalam senam 3M ABC, ikon logo ABC dalam logo kampanye 3M ABC, dan penyebutan Sakatonik ABC di semua materi komunikasi secara visual.

Dalam hal publikasi media, kegiatan press conference kampanye yang diselenggarakan melalui virtual Zoom pada tanggal 5 November 2021 lalu, mampu menghadirkan narasumber dari Kemendikbudristek RI dan PDSKO, ratusan sekolah seluruh Indonesia, komunitas parenting, dan diliput oleh 102 media. Total menghasilkan 119 artikel di berbagai media cetak dan portal online dan total news value mencapai Rp8.453.229.068. Materi promo juga dipasang di akun Instagram dan Website Direktorat Sekolah Dasar dari Kemendikbudristek RI.

Hasil pengukuran parameter Outtakes yang dilakukan Ivosights dengan menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools, program kampanye 3M ABC yang diusung Kalbe Consumer Health meraih Outtakes Index 86.00. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)