Tahun ini Pandu Setio sukses meraih penghargaan “Senior PR Practitioner of The Year 2021”. Penghargaan serupa juga pernah diraihnya di tahun 2019 sebagai “Senior PR Practitioner of The Year 2019”.
Pria yang menjabat sebagai Senior PR & Brand Communication Manager PT Sharp Electronics Indonesia itu mampu menyisihkan sejumlah praktisi Public Relations (PR) yang menjadi nominasi pilihan jurnalis di Indonesia.
Kesuksesan menorehkan prestasi membanggakan sebagai “PR People of The Year 2021” tak lepas dari kepiawaiannya menjalin hubungan (relationship) dengan para jurnalis dari berbagai media nasional. Menurutnya, saat berbincang dengan awak media MIX beberapa waktu lalu, ia menyampaikan bahwa media masih memiliki positioning yang kuat sebagai endorsed bagi sebuah merek atau perusahaan di tengah maraknya influencer.
“Makanya, perlu dijalin hubungan erat dengan para jurnalis di mana hubungan tersebut dilandasi sikap profesionalisme,” tutur Pandu.
Relationship dengan media dielaborasikan Sharp dengan melakukan kunjungan ke kantor-kantor media secara rutin untuk berkenalan dengan seluruh tim redaksi dan manajemen. Hal ini karena media sebagai sumber informasi tepercaya yang menjalankan kegiatan jurnalistiknya secara profesional.
“Oleh karena itu, membangun reputasi perusahaan dan menyampaikan pesan merek melalui pendekatan media masih sangat penting guna menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan advokasi konsumen,” ungkap Pandu.
Ranah PR seolah telah menjadi “habitat” bagi Pandu selaku alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Mercubuana, Interstudy, dan Akademi Bank Indonesia. Selama lebih dari tigabelas tahun berpengalaman dalam Komunikasi Korporat & Pemasaran, Corporate Social Responsibility (CSR), Strategi Digital dan Aktivasi Branding di industri elektronik.
Tidak hanya itu. Ia pun sangat piawia menyusun rencana PR dan interaksi rutin dengan manajemen puncak untuk membangun citra perusahaan. Ia pun memiliki keahlian dalam menangani media untuk menyoroti aktivitas perusahaan di pers dan media lainnya, serta mahir dalam menangani Below the Line (BTL) - agensi untuk pengembangan materi aktivasi branding.
Tidak tangung-tanggung. Pandu juga memiliki pengalaman yang baik dalam menjaga komunikasi internal yang efektif menggunakan alat (tools) seperti buletin internal, intranet, acara, serta keterampilan copywriting yang bagus.
Di perusahaan tempatnya bekerja sekarang, Pandu sukses membidani lahirnya SHARP CARES (Creativity, Attention, Recovery, Earth, Sincerity). Berbekal segudang pengalaman itu, tak pelak jika para jurnalis menjuluki Pandu sebagai sosok PR yang inspiratif dan sangat kooperatif membantu awak media dalam menjalankan kegiatan jurnalistik. Pandu juga sukses membawa sejumlah program PR Sharp meraih penghargaan, di antaranya Indonesia's Best Corporate Social Initiatives 2018 dan Top Digital PR Awards 2019.
“Saya bersyukur mendapat anugerah penghargaan ini. Selain senang dan bangga, ini akan memacu saya untuk bekerja semakin lebih baik lagi ke depannya,” tutup Pandu Setio yang juga menjadi Founder & Yoga Instructor.
Sebelum bergabung di Sharp Electronics Indonesia, Pandu pernah menjadi Marketing & Models Development di PT Ardhana Sarana Multimedia (2002-2006). Ia juga aktif bergabung di Group Indonesia Social Media, Digital Advertising and Mobile Technology Enthusiast dan PR Society of Indonesia – Public Relations and Communication Management.