Tokopedia Inisiatif Hyperlocal, The Best Pandemic PR Program "PR of the Year 2022"

MIX.co.id - Selama pandemi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor unit ekonomi yang terhantam keras akibat pandemi. Kebijakan pembatasan aktivitas oleh pemerintah membuat bisnis mereka melambat sehingga berdampak pada perputaran roda ekonomi secara makro.

Sebagai perusahaan teknologi, Tokopedia berkomitmen mendorong kemajuan UMKM. Fokus pada “go local”, Tokopedia menggencarkan keberpihakannya pada UMKM melalui inisiatif Hyperlocal yang diluncurkan pada tahun 2021.

Melalui program Hyperlocal, Tokopedia mengajak masyarakat berbelanja produk lokal, khususnya dari UMKM di daerah mereka, serta mendorong UMKM lokal di berbagai daerah untuk memanfaatkan platform digital guna menjangkau lebih banyak pelanggan di seluruh Indonesia. Tokopedia memberikan panggung sebesar-besarnya bagi UMKM lokal untuk mempromosikan produknya.

Strategi komunikasi Hyperlocal cukup variatif, yakni dengan cara mempublikasikan kisah sukses para UMKM di daerah dalam memanfaatkan platform online Tokopedia, sebagai inspirasi dan motivasi bagi UMKM lainnya (Seller Story); berkolaborasi dengan pemerintah dan stakeholder lainnya untuk mendorong implementasi program seperti kerja sama dengan pemda untuk pasar digital dan digitalisasi layanan publik (Joint-Collaboration); serta menghadirkan kampanye untuk publik dan laman khusus di aplikasi Tokopedia untuk menarik pembeli dan penjual yang dikemas dalam program  Waktu Indonesia Belanja, Bangga Lokal, Cantik Fest, serta Kejar Diskon (In-App Campaigns).

Tokopedia memanfaatkan beragam channel komunikasi agar pesan program menjangkau khalayak, seperti media gathering untuk mempublikasikan program di media massa (cetak, elektronik, portal online), kolaborasi bersama pemerintah dan pelaku industri untuk berbagi kisah inspiratif UMKM lokal dan tips berjualan online, seperti di akun Instagram @jakpreneur & @kemenkop; serta amplifikasi konten pada akun media sosial resmi perusahaan guna menjangkau lebih banyak pembaca.

Program meriah sukses. Tercermin dari total PR Value yang melampaui Rp 140 miliar; lebih dari 3,8 juta peningkatan jumlah pegiat UMKM di Tokopedia; 2,6 juta lebih masyarakat yang dijangkau melalui content partnership; dan lebih dari 950 total publikasi yang dihasilkan dari inisiatif Hyperlocal dalam periode Januari-Desember 2021.

Dari sisi konsep dan pesan, menurut pendapat juri Herry Ginanjar, program memiliki konsep yang jelas dan terarah dengan menggunakan channel yang tepat untuk menyampaikan program sehingga menghasilkan output yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)