Toward Zero Food Waste-Bank DBS Indonesia "The Best ESG Campaign" Indonesia PR of the Year 2023

MIX.co.id - Dengan totalscore sebesar 274,33, kampanye “Toward Zero Food Waste” (TZFW) atau #MakanTanpaSisa yang digagas Bank DBS Indonesia mendapatkan penilaian sempurna (excellent) dari dewan juri di kategori ESG (Environment, Social, & Governance) Campaign.

Konten edukasi kampanye ini berhasil mendapatkan lebih dari 107 juta reach dari audiens yang disasar, 124 juta views di channel video dengan 29 juta interaksi, dan menghasilkan 139,3 ribu amplifikasi di media sosial. Secara fisik, kampanye juga berhasil mengumpulkan 147,746 kg makanan sisa yang bisa dimanfaatkan kembali melalui proser daur ulang.

Kampanye TZFW bertujuan untuk mendorong perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat agar mengurangi sisa makanan dan membangun kesadaran publik tentang masalah ini. Menyadari bahwa mayoritas sampah di Indonesia berasal dari rumah tangga, Bank DBS Indonesia mengajak masyarakat untuk ikut ambil bagian dalam mengatasi masalah lingkungan tersebut melalui gerakan ini. Program ini juga melibatkan peran aktif karyawan untuk mengurangi limbah makanan dalam operasional bisnis DBS. Di luar itu, Bank DBS juga bermitra dengan mitra ekosistem yang memiliki misi yang sama dalam pengukuran dampak kampanye.

Berdasarkan data Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Indonesia menghasilkan 22,9 ton sampah per tahun, dan 27,9%-nya merupakan sampah makanan. Meskipun sebanyak 64,81% dari total sampah di Indonesia sudah terkelola dengan baik setiap tahunnya, limbah sampah makanan masih menghasilkan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) sebesar 1.702,9 Megaton CO2 atau setara dengan 7,29% dari rata-rata emisi GRK Indonesia per tahun.

Data United Nation Environment Programme (UNEP) Food Waste Index Report 2021 menyebutkan, Indonesia berada di urutan ketiga dunia sekaligus terbesar di Asia Tenggara penyumbang sampah makanan dengan angka 20 ton per tahun.

Secara kualitatif, kampanye TZFW berhasil menempatkan Bank DBS pada peringkat ketiga dalam praktik tanggung jawab sosial (sustainability) di kalangan pelaku industri perbankan, serta rekognisi yang kuat untuk sebuah bank asing. Sepanjang 2022, kampanye #MakanTanpaSisa berhasil meraih awareness pada level 71% yang menempatkannya pada pencapaian nomor 2 di wilayah operasional Bank DBS. Kampanye #MakanTanpaSisa juga signifikan menempatkan Bank DBS sebagai organisasi bisnis terpercaya yang memberikan dampak nyata terhadap komunitas dan menginspirasi lingkungan sekitar dalam hal gaya hidup hijau dan berkelanjutan. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)