Yayasan Dharma Bhakti Astra - Semangat Kolaborasi Membangun Negeri The Best Social PR Program "PR of The Year 2022"

MIX.co.id - Sejak didirikan Astra pada tahun 1980 hingga kini, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) terus mendorong UMKM binaannya untuk semangat berkolaborasi baik dengan perusahaan besar, pemerintah, asosiasi maupun sesama UMKM itu sendiri. Hal tersebut dilakukan YDBA untuk mendukung UMKM agar usaha yang dijalankan dapat mandiri dan berkelanjutan.

Salah satu program terbaru adalah kolaborasi YDBA dengan Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia (APJI) April 2022 lalu. Dalam kolaborasi tersebut, APJI berkomitmen untuk memberi kesempatan UMKM YDBA memasarkan produknya ke seluruh anggota asosiasi, baik secara langsung maupun melalui badan usaha di bawah APJI. Sementara YDBA menyatakan komitmennya untuk mendampingi dan memastikan UMKM binaannya membuat produk sesuai standar QCD (quality, cost, delivery) yang ditetapkan APJI.

Sejauh ini, YDBA telah memberikan pembinaan kepada 12.006 UMKM di bidang Manufaktur, Bengkel, Kerajinan & Kuliner serta Pertanian. YDBA secara tidak langsung juga telah menciptakan 71.522 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Tahun lalu, YDBA berhasil menggaet 10 perusahaan untuk berkolaborasi dalam proyek baru, menjalin program kolaboratif dengan kementrian, dan 21 Institusi mengunjungi galeri YDA. Hasil CS index UMKM dan mitra naik 0,7 poin menjadi 8.86. Model partnership dengan latar belakangan dan tujuan yang jelas seperti ini mendapatkan apresiasi tinggi dari juri Herry. Apalagi benefit yang dihasilkan juga cukup jelas secara kualitatif dan kuantitatif.

Dari sisi publikasi, aktivitas sosial YDBA juga mendapatkan hasil yang naik signifikan dibanding tahun sebelumnya. Publikasi yang mereka dapatkan naik 160% menjadi 991 pemberitaan, 30% di antaranya termuat di tier 1 media. Mayoritas pemberitaan memang didominasi media Tier 2 sebagai konsekuensi dari strategi engagement mereka yang fokus pada media lokal karena program tersebar di berbagai daerah.

Di media sosial, publikasi tentang YDBA mendapatkan engagement rate 162,4% atau naik 160% dari tahun sebelumnya. Selain itu, YDBA juga berhasil mendapatkan 8 external awarding recognition. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)