MIX Award

Tetra Pak Business Practice “The Best Socially Business Practice”

Indonesia’s Best Corporate Social Initiatives 2018

Sebagai produsen kemasan untuk berbagai brand, Tetra Pak sadar betul bahwa perusahaannya akan menghasilkan kemasan bekas pakai dalam jumlah massal. Oleh karena itu, Tetra Pak memutuskan untuk menerapkan prinsip ramah lingkungan berkelanjutan dalam setiap lini praktik bisnisnya. Ada tiga inisiatif sosial yang dijalankan Tetra Pak.

Inisiatif pertama adalah Tetra Pak menggunakan bahan baku kertas yang dihasilkan dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab. Guna memastikan kualifikasi bahan baku kayunya, Tetra Pak tersertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC) yang diyakini sebagai pemilik standard tertinggi di dunia untuk mempromosikan pengelolaan hutan secara bertanggung jawab melalui sistem sertifikasi yang sangat akurat, yaitu Forest Stewardship Council (FSC) label.

Inisiatif kedua adalah Tetra Pak memastikan bahwa setelah ditebang, kayu diangkut dan dikirim ke produsen kertas sebagai pemasok bahan baku yang dikelola secara bertanggung jawab pula. FSC akan meng-audit dan memastikan bahwa tidak ada kayu illegal yang menyusup atau identitas kayu yang tidak jelas asal usulnya. FSC menggunakan sistem Chain of Custody untuk memastikan bahwa proses distribusi kayu dari hutan menuju produsen kertas, mesin produksi kemasan karton Tetra Pak, produk di Customer (pemilik merek), dan sampai ke tangan konsumen dengan identitas label FSC yang dapat dipertanggungjawabkan.

Inisiatif ketiga adalah Tetra Pak memastikan bahwa proses produksi juga dilakukan secara bertanggung jawab. Jadi, selain kertas dari bahan baku kayu yang bersertifikat hutan lestari, bahan lain untuk pembuatan kemasan karton Tetra Pak, sejak 2011 sudah ada yang berasal dari material yang cepat terurai, seperti plastik lapisan kertas kemasan yang juga berbahan dasar tebu (plant base, bukan fossil base).

Dalam menjalankan inisiatif sosialnya, Tetra Pak juga bermitra dengan lebih dari 25 produsen besar makanan dan minuman di Indonesia—di mana masing-masing produsen bisa memiliki lebih dari satu brand—dalam penyediaan kemasan yang berfungsi untuk menjaga agar produk di dalamnya tetap berkualitas tinggi. Kategori produk yang menggunakan solusi kemasan dari Tetra Pak tersebut antara lain susu, teh, kopi, jus, yoghurt, santan, air kelapa, minuman tradisional, dan lainnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

3 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

3 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

17 hours ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

19 hours ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

20 hours ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

1 day ago