LED TV Super Premium Aquos 8K

Business Challenge

Ceruk pasar produk elektronik LED TV di dalam negeri masih tetap seksi. Besar pasarnya mencapai 3,2 juta unit pada 2017 yang setara dengan Rp9,8 triliun. Market size ini melonjak menjadi 3,3 juta unit setara Rp10 triliun pada 2018, dan tahun ini secara nasional diprediksi mencapai 3,65 juta unit yang setara dengan Rp10,6 triliun.

PT Sharp Electronics Indonesia selaku produsen produk elektronik dengan brand Sharp tak ingin ketinggalan untuk menikmati gurihnya pasar LED TV di dalam negeri. Beragam strategi dijalankan mulai dengan menawarkan ragam pilihan ukuran TV, lokal fitur yang sesuai dengan kultur budaya Indonesia, jaminan purna jual yang memudahkan konsumen, hingga dukungan teknologi yang hanya dimiliki oleh Sharp yang dikenal sebagai one of a kind technology.

Guna meningkatkan pangsa pasarnya di kategori TV berukuran medium ke atas, pada tahun ini Sharp Indonesia kembali luncurkan produk televisi anyar bertajuk Aquos 8K. “Kami ingin memberikan pengalaman (experiences) baru bagi konsumen di Indonesia dalam kehadiran Aquos 8K,” ujar Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia saat acara launching yang digelar di Bali, medio Februari lalu. Strategi brand awareness melalui edukasi komunikasi telah dilakukan sejak tahun lalu.

Dipaparkan, LED TV yang ada di pasaran saat ini kebanyakan masih mengusung teknologi 4K, sementara Sharp hadir dengan 8K. Hal ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Sharp dan menjadi LED TV pertama yang mengusung teknologi 8K. Hal ini pula berarti Sharp membuka market baru di kategori TV 8K yang sampai sekarang belum tersentuh oleh pemain lain.

Product Insight

Keunggulan Aquos 8K terletak pada ketepatan kualitas gambar layaknya realita. Kualitas televisi Aquos 8K dibuktikan dengan kekayaan warna yang dihasilkan dalam setiap gambar serta kecanggihannya dalam memproduksi warna terang dan kontras sempurna dari gambar yang ditampilkan. Teknologi 8K juga menawarkan ‘Real 8K Contrast’ yang berarti mampu menciptakan gambar yang lebih cerah dan lebih hidup. Aquos 8K memiliki pencahayaan 13 kali lebih terang sehingga mampu menciptakan cahaya yang tepat pada gambar.

Berbeda dengan layar televisi lainnya, teknologi 8K menghasilkan gambar beresolusi sangat tinggi hingga sekitar 33 juta piksel. Jumlah ini setara dengan 16 kali piksel yang dihasilkan dari teknologi full HD (2K). Belum lagi spektrum warnanya lebih lebar sehingga mampu memproduksi hingga 138% warna yang lebih kaya dari model terdahulu. Padanan keduanya membuat warna menjadi lebih realistis dan kedalaman gambar jadi lebih maksimal. Hal ini sesuai dengan tagline-nya “Captures Real Beauty”.

Guna menunjang gambar, Aquos 8K juga menawarkan suara menggelegar dan mampu menangkap suara yang terdengar nyata seperti aslinya dengan lebih jelas. Hal ini lantaran didukung teknologi Ellex Prism sehingga membuat suara keluar dari bagian tengah TV. Di luar speaker yang dibenamkan, konsumen yang ingin merasakan menonton lebih spektakuler dapat terpenuhi produk dilengkapi dengan seperangkat Sound Bar Home Theater System dengan Dolby Atmos yang menghasilkan suara benar-benar fantastik.

Menurut Ardy, Assistant General Manager Auvi Product Strategy PT Sharp Electronics Indonesia, sebelum dipasarkan, televisi Aquos 8K sudah disempurnakan kualitasnya, baik dari gambar maupun suara. Dari segi konten pun, televisi ini sudah dibenamakan dengan Android TV terbaru yang menjajalkan fitur-fitur unggulan. Ada pula chrome cast built-in yang bisa memudahkan konsumen dalam menghubungkan layanan telepon, tablet, maupun laptop langsung ke televisi. “Televisi ini cocok untuk konsumen yang mengutamakan kualitas dalam menonton,” terangnya.

Televisi Aquos 8K di Indonesia akan tersedia dalam tiga ukuran berbeda dengan harga premium. Ketiga ukuran tersebut adalah 60 inch dengan kisaran harga pasar Rp90 juta, ukuran 70 inch seharga Rp130 juta, dan ukuran 80 inch dengan harrga Rp 250 juta. Diakui Andry, harganya sebanding dengan harga satu unit mobil sehingga pasarnya sangat niche. Meski harganya selangit, pihaknya tetap optimis dapat memasarkan Aquos 8K. “Karena konsumen akan mendapatkan kebanggaan (pride) ketika memilikinya,” imbuhnya.

Terlebih lagi, Aquos 8K berhasil menyabet sederet pengakuan bergengsi di Jepang. Penghargaan tersebut diantaranya adalah HiVi Grand Prix 2018 dengan kategori Gold yaitu penghargaan tahunan bergengsi yang sudah digelar sebanyak 34 kali oleh majalah AV Jepang, ‘Best Buy Winter 2018’ untuk kategori LCD 51-60 inch – penghargaan yang dinobatkan bagi produk yang memiliki kualitas fitur dan harga terbaik dari kritikus profesional, serta ‘Special Jury Award’ untuk ‘Sharp’s 8K World’ oleh VGP yang berkaitan dengan beragam produk berteknologi 8K.

Marketing Strategy

Tidak hanya kalangan super premium yang disasar, Aquos 8K juga membidik segmen korporat melalui strategi business to business (B2B). Hal ini sejalan dengan visi bisnis yang dibawa Sharp Corporation terkait menciptakan ‘Ekosistem 8K (8K Ecosystem)’. Ekosistem ini mengacu pada ide mengembangkan bisnis yang didasarkan pada keunggulan teknologi revolusione 8K. Dengan kualitas gambar yang tak tertandingi , 8K TV kelak dapat menyokong berbagai bidang dan kompetensi

Di bidang kesehatan misalnya, teknologi 8K telah diadopsi sebagai kamera operasi endoskopi. Teknologi ini dapat menangkap proses pembedahan dengan lebih jelas, meski direkam dari jarak yang cukup jauh. Agar semakin mudah, kamera dapat dihubungkan dengan monitor 8K berukuran besar sehingga prosesnya dapat disaksikan bersama saat dilakukan operasi.

Tajamnya produksi gambar juga dipercaya dapat membantu bidang lain seperti keamanan. Jika kamera keamanan dibuat dari teknologi 8K dan digabungkan dengan sistem pengenalan wajah yang mumpuni, pencarian orang pun akan jadi lebih mudah. Di samping kesehatan dan keamanan, ketelitian dari teknologi 8K dapat dimanfaatkan pula untuk bidang lain seperti pendidikan, seni, arsitektur, hingga infrastruktur.

Jadi, kata Ardy, tidak hanya personal yang menjadi target Aquos 8K, tapi kami juga menempuh strategi B2B untuk pemasarannya. B2B menyasar ke segmen korporat seperti pihak rumah sakit, insitusi pendidikan, seni, arstitektur, security, hingga infrastruktur. Aquos 8K masih mendukung perekaman gambar (video) dengan teknologi 4K untuk menghasilkan kualitas gambar yang mumpuni. “Namun ke depan, kami juga akan luncurkan kamera berteknologi 8K untuk menghasilkan gambar yang benar-benar sempurna,” lanjutnya. Istiahnya, menggarap ekosistem hulu-hilir, yakni kamera (untuk merekam gambar) dan TV (untuk menampilkan rekaman gambar) yang sama-sama berteknologi 8K.

Kegiatan edukasi untuk menciptakan brand awareness, tak luput dilakukan melalui digital web portal, sosial media, online commercial, maupun iklan. ““Dengan hadirnya Aquos 8K yang akan melengkapi lini LED TV di kelas big size dan premium, diharapkan dapat membantu meningkatkan target share Sharp sebesar 25% di tahun ini. Apalagi presisi gambar yang ditawarkan teknologi 8K bisa sangat bermanfaat untuk berbagai bidang, jadi kami percaya bahwa pangsa pasarnya masih terus tumbuh dan sangat besar di Indonesia,” papar Andry. Pada tahun ini, ditambahkan, pihaknya menargetkan penjualan Aquos 8K sebanyak 100 unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)