Pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia tercatat tumbuh hingga 100% di tahun 2014, yaitu dari 14% menjadi 28% dalam setahun. Sebanyak 62% user di Indonesia hanya menggunakan smartphone dan tidak ada alat lain untuk mengakses internet. Indonesia juga menempati posisi teratas di Asia sebagai negara yang secara eksklusif mengakses internet lewat smartphone, dan nomor 3 di dunia. Demikian temuan Google Indonesia bertajuk “Barometer Konsumen” yang dirilis hari ini (5/3) di Jakarta.
Bekerja sama dengan TNS (Taylor Nelson Sofres), riset tersebut dilakukan lewat wawancara langsung terhadap lebih dari 150 ribu responden di 56 negara. Selain untuk memberikan wawasan digital terkini bagi para pengiklan, biro iklan, jurnalis, dan akademisi, temuan ini juga menunjukkan bahwa tingginya pengguna internet, khususnya lewat smartphone, akan mengubah cara berkomunikasi perusahaan/merek pada konsumen.
Ricky Tjok, Account Strategist di Google Indonesia mengatakan, “Hampir sepertiga orang Indonesia, sekitar 88%, menggunakan smartphones. Untuk itu, perusahaan/merek perlu memastikan bahwa mereka dapat ‘bertemu’ dengan pelanggan mereka melalui perangkat tersebut. Indonesia juga tercatat sebagai salah satu dari 12 negara di dunia yang penggunaan smartphone-nya lebih tinggi dibandingkan komputer, dengan perbandingan 28% dan 15%.”
Terkait penggunaan smartphone, temuan lain dari studi TNS dan Google Indonesia mengungkapkan sebanyak 66% orang Indonesia melakukan riset terlebih dahulu lewat smartphone mereka, terkait produk yang mereka cari sebelum melakukan pembelian. Tak terkecuali untuk produk tiket pesawat. Hampir seperempat user Indonesia melakukan pembelian tiket pesawat secara online dalam setahun terakhir.
Jasa travel adalah salah satu industri yang diuntungkan dengan tumbuhnya pengguna internet di Indonesia. Tiket pesawat merupakan pembelian online paling populer bagi user Indonesia, dengan hampir seperempat (24%) responden mengaku terakhir membeli tiket pesawat lewat online. Berdasarkan temuan TNS dan Google Indonesia, kategori produk lain yang populer dibeli lewat online adalah pakaian (13%), hotel (12%), dan ponsel (12%).
MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…
MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…
MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…
MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…
MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…
MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…
View Comments
Menarik sekali surveynya , semoga tumbuh terus