Research

Belanja Iklan Ritel Online Tembus 1,25 Triliun, Siapa Top Spender-nya?

Di tengah industri ritel tradisional terdisrupsi oleh ritel online–ditunjukkan dengan banyaknya gerai ritel fisik yang tutup–ternyata belanja iklan ritel tradisional di televisi pun lebih rendah dari ritel online. Dibandingkan ritel online (eCommerce), belanja iklan ritel tradisional–dalam hal ini department store-jauh di bawah ritel online.

Menurut catatan Adstensity tentang iklan TV Commercial (TVC) di industri ritel pada Januari – September 2017, total belanja iklan dari sektor Department Store hanya mencapai Rp 40,41 miliar. Belanja iklan department store tersebut disumbang dari tiga brand, yakni Matahari, Metro, dan Ramayana.

Bandingkan dengan ritel online yang mampu menghimpun belanja iklan hingga Rp 1,25 triliun di sepanjang periode yang sama, Januari hingga September 2017. Dari total angka tersebut, ada 17 brand yang memasok belanja iklan ritel online.

Dari 17 brand tersebut, Bukalapak.com merupakan brand yang paling banyak mengeluarkan dana beriklan di televisi, hingga mencapai Rp 244,98 miliar. Kemudian disusul Tokopedia dengan dana belanja iklan yang mencapai Rp 225,70 miliar. Shopee dan Blibli.com berada di urutan ketiga dan keempat dengan masing-masing total belanja iklannya mencapai Rp 177,92 miliar dan Rp 151,34 miliar. Selanjutnya, OLX berada di tempat kelima dengan dana belanja iklan sebesar Rp 125,21 miliar.

Di posisi berikutnya, ada Blanja.com Rp 100,42 miliar, JD.ID Rp 96,63 miliar, Lazada Rp 74,46 miliar, Brand Outlet Rp 20,74 miliar, Borobudur Herbal.co Rp 16,03 miliar, Carousell Rp 13,49 miliar, Sale Stock Rp 4,55 miliar, mobil123.com Rp 3,88 miliar, Musique.com Rp 0,77 miliar, Sportdeca.co.id Rp 0,16 miliar, dan elevenia Rp 0,02 miliar.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

9 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago