People Of The Week

Adaptif, Kunci Sukses Danny Geluti Dunia PR di Industri Perbankan

Ketiga, mengelola krisis komunikasi. Saat ini, krisis komunikasi itu bisa datang kapan saja, bukan cuma dari media,  namun bisa juga dari jentikan jari netizen, entah karena faktor kinerja maupun tata kelola perusahaan. Hal tersebut sudah pasti berdampak negatif terhadap reputasi bank. “Nah, tugas kita sebagai PR yakni jangan mudah terpancing namun harus memberikan respon dengan cepat dan efektif, kordinasikan dengan atasan dan C (Chief) level, jangan sampai juga dibiarkan berlarut-larut, karena bisa jadi efek bola salju yang merugikan,” lanjutnya.

Keempat, menjalin hubungan baik. Bank itu punya banyak pemangku kepentingan, mulai dari nasabah, karyawan, investor, hingga regulator dan media/wartawan. Tugas PR adalah menjalin hubungan baik dengan pemangku kepentingan tersebut dengan tujuan agar mereka dapat memahami dan mendukung eksposure setiap langkah perusahaan untuk berkembang.

Kelima, mengembangkan skill. Di era digital saat ini, menjadi sebuah keharusan bagi para praktisi PR di perusahaan termasuk bank untuk meningkatkan skill dan kompetensi yang dimiliki. Contohnya, saat ini  sudah ada AI (Artificial Intelligence) di bidang penulisan seperti Chat GPT. “Untuk itu, saya sangat menyarankan teman-teman PR belajar menjadi Prompt Writer. Sederhananya, Prompt writer adalah orang yang memiliki kemampuan menulis prompt, yaitu kata atau frasa yang digunakan untuk memicu atau mengarahkan proses penulisan di berbagai bidang, seperti penulisan kreatif, penulisan teknis, hingga penulisan jurnal ilmiah. Bayangkan saja apa yang bisa kita kembangkan dengan kolaborasi teknologi tersebut,” tandanya.

Selain menerima penghargaan Insan PR Indonesia 2023, Danny juga tercatat pernah menjadi karyawan terbaik dengan predikat “sangat memuaskan” pada kurun waktu 2019-2021 serta berhasil meraih penghargaan PR Indonesia Award 2019 kategori media komunikasi internal perusahaan.

“Alhamdulillah, walau belum seberapa, saya berharap bisa terus berkontribusi di masing-masing tempat saya bekerja. Namun, saya juga menekankan bahwa sinergi dan kolaborasi memainkan peran penting dalam dunia public relations, nggak ada lagi yang namanya Superman, yang ada hanyalah Superteam,” ungkap Danny.

Dia pun berpesan kepada generasi muda atau rekan-rekan PR yang lain, “Jangan mudah menyerah jika merasa karir kita disitu-situ saja. Jika kita teliti, nyatanya masih banyak sekali ruang untuk berkembang, cobalah dimanfaatkan dan berfikir outside the box. Paling penting itu ya adaptif, karena yang paling pintar, mungkin belum tentu bisa beradaptasi, namun yang adaptif sudah pasti pintar. Obsesinya juga jangan mencoba menjadi yang paling pintar, tapi menjadi yang paling berguna dan bermanfaat, Insya Allah, semesta mendukung.”

Page: 1 2Lihat Semua

Editor

Recent Posts

Transvision Jalin Kerja Sama dengan Advance Digitals

MIX.co.id – Operator TV berbayar Transvision menjalin kerja sama strategis dengan Advance Digitals untuk memenuhi…

14 hours ago

Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Berbelanja

MIX.co.id – Tingkat kepercayaan diri konsumen Indonesia ternyata tidak seoptimistis sebelumnya, yaitu setelah post-pandemic atau…

15 hours ago

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PINTU Perluas Edukasi Pasar

MIX.co.id - Data yang dirilis Statista menyebutkan, perusahaan fintech (financial technology) tumbuh signifikan dari 51…

22 hours ago

REJO Pamerkan Produk Inovatif di World Tobacco Asia 2024

MIX.co.id – REJO, merek produk perintis Heat Not Burn (HNB), berpartisipasi dalam pameran World Tobacco…

1 day ago

Gandeng Era Soekamto, Oreo Luncurkan Kemasan Bermotif Wastra

MIX.co.id - Merayakan Hari Batik Nasional, Oreo, sebagai brand unggulan dari Mondelez Indonesia, meluncurkan edisi…

1 day ago

Tokuyo Meriahkan Taiwan Excellence Happy Run 2024

MIX.co.id – Tokuyo, produsen alat kesehatan, mencuri perhatian pengunjung di ajang Taiwan Excellence Happy Run…

1 day ago