Malang melintang selama tiga belas tahun di dunia Sales dan Marketing industri telekomunikasi, pada 2013 Tri Wahyuningsih akhirnya menerima tantangan dari manajemen untuk menempati posisi sebagai General Manager Corporate Communications PT XL Axiata Tbk.
Menurut Ayu, demikian Tri Wahyuningsih biasa disapa, tawaran manajemen itu sangat menantang, lantaran selain merupakan dunia baru baginya, pekerjaannya di divisi ini sedang membutuhkan perhatian yang besar. Maklum, ketika itu XL sedang melakukan uji coba komersial layanan 4G-LTE. Ditambah lagi, kata penggemar traveling, menonton, dan bermain games itu, XL tengah merger dengan Axis.
Pantang menolak, Ayu pun menerima tantangan manajemen. Langkah awal yang ia lakukan adalah mencoba memahami dan mengenali karakter media lewat aktivitas media relations dan media mapping. “Tak hanya media, saya juga melakukan hal yang sama untuk para blogger, Key Opinion Leader, dan Influencer. Mengingat, saat ini digital merupakan kanal komunikasi yang efektif dalam membangun brand,” tutur perempuan kelahiran Jakarta, 39 tahun silam ini.
Tidak terlalu lama mempelajari bidang baru ini, alumnus FISIP Universitas Indonesia itu berhasil mengawal XL dalam membangun brand awareness produk 4G dengan reputasi yang baik. Terbukti dengan kinerja 4G XL yang saat ini berhasil membukukan jumlah pelanggan 4G tertinggi—mencapai 15 juta. Di sisi lain, even peluncuran uji coba layanan 4G-XL juga berhasil memetik penghargaan “Indonesia Most Impactful Brand Activation Award 2013”.
Sebelum bergabung dengan XL, Ayu sempat bergabung dengan divisi sales Indosat selama dua tahun. Pada 2002 Ayu memutuskan hijrah ke XL hingga sekarang. Di XL, ia pernah menangani sales, marketing, digital service, hingga akhirnya berlabuh di Divisi Coporate Communication.