People

Bayu Syerli, Berjodoh dengan Digital Marketing

Tidak ada marketers Indonesia yang tidak kenal dengan CEO Bukalapak Ahmad Zaky. Founder start up lokal yang sedang naik daun ini kerap hadir di berbagai seminar/forum tentang e-commerce, digital advertising, dan industri digital Indonesia secara umum. Namun, tahukah Anda bahwa selain Ahmad Zaky, ada Bayu Syerli Rachmat, Head of Marketing Bukalapak, yang menggawangi market place ini.

Bayu adalah Generasi Millennials yang sejak kuliah sudah jatuh hati kepada dunia digital. Sejak masih menimba ilmu di ITB, Bayu sudah mengarahkan ketertarikannya pada dunia digital dengan mengasah kompetensinya di bidang Web Design dan Search Engine Optimization (SEO).

“Saya seperti dijodohkan dengan banyak kesempatan—di dunia digital,” katanya kepada MIX tentang jejak karirnya di dunia digital marketing Indonesia. Setelah lulus dari ITB, Bayu berkesempatan menjadi instruktur Web Design di Bandung. Nasib kemudian membawa Bayu mempelajari ilmu sales and marketing di sebuah agensi komunikasi sebagai Account Executive. Perjalanan karir Bayu berikutnya berada di dunia yang memadukan skill digital-nya dengan pengetahuan dan pengalamannya di sales/marketing, yaitu sebagai Digital Marketing Manager dan Digital Strategist di agensi komunikasi digital.

Sempat pindah ke client side, yaitu ke 3M dan Heinz ABC—dalam posisi sebagai digital marketers, Bayu kemudian bergabung dengan dunia e-commerce di bawah bendera Bukalapak.com pada 2015 sebagai Head of Digital, dan 10 bulan kemudian menjadi Head of Marketing.

Bayu bercerita bahwa dalam satu tahun terakhir ini Bukalapak memperkuat Marketing Communications-nya dengan menambah timnya dari hanya lima orang menjadi 34 orang. “Dulu kami fokus di akuisisi dan retention. Lalu disadari pentingnya Integrated Marketing Communications,” ujarnya tentang keputusan strategi Bukalapak ini.

Lis Hendriani

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

22 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

23 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago