CSR Jadi Proyek Pertama Febrina Herlambang di Social Bella

Febrina Herlambang (foto diambil pada saat PR of The Year 2017)

Public Relations (PR) adalah passion Febrina Herlambang sejak ia duduk di bangku Sekolah Menengah atas (SMA). Tiga tahun menjabat Ketua Hubungan Masyarakat di OSIS SMA-nya, ternyata membawa kesan yang begitu mendalam bagi alumnus Universitas Tarumanagara (Untar) jurusan Desain Komunikasi ini. "Sejak saat itu, saya jatuh cinta dengan dunia PR," ceritanya mengenang.

Keyakinannya pada dunia PR, mendorong Febrina berkarir sebagai profesional PR, tepat selepas ia menuntaskan gelar sarjananya di Untar. Karir pertamanya sebagai seorang PR, ia bangun di Pan Pacific Hotels Group selama setahun. Sejak saat itu, pengalaman PR Febrina makin berwarna. Mulai dari Hotel Ciputra Jakarta, Pullman Hotels & Resort, P&G, Google, dan paling anyar Social Bella.

Ketika di P&G selama enam tahun misalnya, Febrina pernah membawahi beberapa Brand Public Relations seperti Pantene, SK-II, Pampers, Gillete, Downy, Head and Shoulders, Rejoice, dan Olay. Kemudian, sebagai Brand Reputation Manager Google, ia pernah menangani CSR untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dan women empowerment program.

Resmi bergabung di beauty-tech company Social Bella per Februari 2020 lalu dengan jabatan Head of Public Relations, Febrina langsung dipercaya menangani proyek Corporate Social Responsibility (CSR). "First project saya di Social Bella adalah CSR. Ini merupakan salah satu proyek yang paling saya minati sebagai seorang Public Relations, dimana saya bisa bekerja sekaligus membantu perusahaan untuk give back to the community," katanya.

Ketertarikannya bergabung dengan Social Bella, diakui Febrina, karena ini melihat Social Bella sedang berkembang. "Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk berkembang bersama di perusahaan ini. Selain itu, Social Bella juga memiliki value-value yang sesuai dengan value saya, yaitu fast, agile, continuous improvement, ownership, dan positivity. Dan, memimpin tim Public Relations, baik dari Corporate Communications, Brand Communications, dan Internal Communications, merupakan dream job saya," ungkapnya tentang hijrahnya dari Google ke Social Bella.

Dengan menjabat Head of Communications atau Head of Public Relations Social Bella, Febrina bertanggung jawab dalam strategi komunikasi untuk membangun, mengembangkan, dan menjaga citra (image) perusahaan, baik Sociolla maupun PT Social Bella Indonesia. Termasuk, brand-brand kecantikan yang berada di bawah bendera Social Bella.

"Cakupan tanggung jawab saya di Social Bella antara lain corporate communication, brand communications, dan internal communications. Saya juga bertanggung jawab dalam media relationship dan memberikan masukan kepada manajemen dan direksi mengenai strategi komunikasi. Termasuk, bertanggung jawab memimpin tim komunikasi atau public relations di perusahaan," paparnya.

Salah satu proyek yang kini tengah ditangani di Social Bella adalah edukasi melalui konsumen dan karyawan akan pentingnya menjaga kesehatan sekaligus menghindari dari penularan Covid-19. Ia mencontohkan, edukasi berupa tips aman menggunakan produk kecantikan dan upaya Social Bella dalam melindungi konsumen dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.

"Caranya, kami menetapkan kebijakan dimana semua gerai Sociolla Store kini tidak lagi menyediakan tester produk (no tester) dan no touch policy, sehingga beauty advisor tidak akan membantu mengaplikasikan produk maupun tester kepada pembeli, termasuk melakukan social distance bagi tim di warehouse dan work from home bagi karyawan kantor," urainya.

Lebih lanjut ibu satu anak ini menerangkan, Social Bella juga membuat protokol kebersihan yang ketat, seperti melakukan prosedur penyemprotan desinfektan pada warehouse. "Selain itu, kami melakukan CSR pertama yang dilakukan Social Bella, dengan memberikan lebih dari 8.500 produk dalam bentuk 1.100 care package kepada tim medis di beberapa Rumah Sakit (RS) rujukan di Jakarta, yakni RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Soebroto, RSUP Persahabatan, dan RSUD Pasar Minggu," tuturnya.

Care package yang didonasikan itu berisi berbagai produk perawatan diri, termasuk perlengkapan mandi, sabun muka, dry shampoo, dan pelembab wajah untuk membantu para tim medis menjaga kebersihan selama bertugas. "Ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap tim medis yang sudah berjuang menjadi garda terdepan dalam melawan COVID-19. Selain mengirimkan lebih dari seribu care package untuk para dokter, perawat, dan tenaga medis, Social Bella juga berpartisipasi dalam berdonasi di penggalangan dana indonesiapastibisa.com yang digagas oleh East Ventures. Dana yang terkumpul tersebut akan digunakan untuk mendukung riset dan pengembangan teknologi alat tes Covid-19," tutup Febrina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)