Inisiatif Keisha Annabel Garnette untuk Komunitas Autis

MIX.co.id - Keisha Annabel Garnette, salah satu dari Top 12 Finalists Ambassador of Public Health AMSA-Indonesia (Asian Medical Students’ Association), berinisiatif menggelar kampanye kesehatan “RADIATE” sepanjang 10 Oktober - 23 Oktober 2021.

Diungkapkan perempuan yang akrab disapa Abel ini, prevalensi Autism Spectrum Disorder kian meningkat secara global dan nasional dari tahun ke tahun. Sayangnya, saat ini, pengetahuan masyarakat perihal apa itu sebetulnya gangguan autisme, penyebab autisme, dan tatalaksana individu dengan autisme masih minim. Bahkan, muncul banyak stigma dan miskonsepsi di masyarakat tentang para penyandang autis. Persoalan lainnya adalah sulitnya mendapatkan edukasi dan terapi untuk para penyandang autisme di Indonesia, terutama pada masa pandemi ini.

“Oleh karena itu, kampanye ‘RADIATE’ digelar untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian masyarakat mengenai autisme. Di antaranya, melalui rangkaian acara yang menarik dan intim dengan para penyandang autisme,” paparnya.

Dalam menggelar kampanye ini, Abel bekerja sama dengan beberapa organisasi non-profit, media partners, dan influencers yang berupaya meningkatkan penyebarluasan pengetahuan mengenai Autism Spectrum Disorder serta menghadirkan mata acara memikat yang dapat dikonsumsi masyarakat secara daring.

Dalam rangkaian kampanye ‘RADIATE’, pada pertengahan Oktober ini, dihadirkan talk show bersama dr. Fransiska Kaligis, SpKJ (K) serta sesi mengecat totebag interaktif bersama para penyandang autisme dari London School Beyond Academy melalui Zoom Meeting berjudul “I Am Able”.

“Melalui kegiatan itu, tidak hanya para peserta dapat terinformasi lebih dalam mengenai gangguan Autism Spectrum Disorder, namun juga masyarakat berkesempatan mengenal para penyandang autisme secara intim dan menyenangkan,”cerita Abel.

Selanjutnya, kampanye “RADIATE” menghadirkan “RADIATE Goes To FKUI” yang digelar pada 15 Oktober 2021. Pada kesempatan ini, dipaparkan berbagai informasi dasar Autism Spectrum Disorder, mini quiz seputar mitos atau fakta, serta promosi mengenai kampanye kesehatan “RADIATE” yang sedang dijalankan untuk lebih lagi memperluas komunitas yang diajak untuk berkontribusi.

“Kegiatan berikutnya adalah pembukaan open volunteer program untuk masyarakat umum yang ingin ikut serta berkontribusi pada aksi kampanye ini. Kami namakan sebagai “Autism Warriors”, karena  mereka berupaya meningkatkan kewaspadaan orang terdekat perihal autisme melalui postingan rutin Instagram Story challenges seperti bingo dan beberapa quiz untuk followers masing-masing, serta melaksanakan presentasi mengenai ilmu yang sebelumnya didapatkan dari sesi pengenalan dan  pelatihan relawan dalam wujud poster digital,” urainya.

Selanjutnya, disajikan juga talk show Instagram Live berjudul “Life On The Autism Spectrum” yang diselenggarakan pada 18 - 19 Oktober 2021 bersama sejumlah narasumber, seperti keluarga dan teman-teman penyandang autisme dari London School Beyond Academy dan Yayasan MPATI.

“Pada puncak acara kampanye ‘RADIATE’ di  21 - 22 Oktober 2021, kami akan menghadirkan  kegiatan  storytelling day bersama anak-anak penyandang autisme dari Rumah Autis Depok serta experts day bersama Prof. Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ(K) dan Prischa Nova, M. Psi., Psi,” tutupnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)