“Harus peka dan siap dengan sesuatu yang baru,” kata Ricardo Indra, Head of Corporate Communication PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), lugas tentang tantangannya bekerja di dunia komunikasi di industri berbasis teknologi seperti Telkomsel.
Selalu ada sesuatu yang baru—yang harus dikomunikasikan, lanjutnya, tentang peran penting divisi Corporate Communication (Corcomm) di industri telko yang memiliki magnitude besar dan memengaruhi peradaban manusia ini.
Apalagi, lanjutnya, kompetisi di industri ini sudah sangat ketat, sehingga divisi Corcomm harus siap menghadapi hal-hal yang sifatnya unpredictable—yang biasa terjadi dalam proses menghadapi persaingan. Lulusan Magister Komunikasi Pemasaran Universitas Indonesia ini lalu mengomentari strategi Telkomsel penguasa sekitar 43% pangsa pasar itu untuk memenangkan kompetisi.
Customer experience akan menjadi solusi, katanya. Ketika tarif sudah sama-sama murah, maka yang menjadi faktor penentu adalah customer experience dan data fixed experience. “Kualitas produk dan layanan akan berimplikasi langsung ke customer experience. Karena itu, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, itulah yang akan kita kembangkan melalui produk maupun layanan,” kata penyuka kegiatan outdoor yang di sela-sela kesibukannya masih menyempatkan mengajar di Universitas Trisakti, Jakarta, ini.
“Saya menikmati dunia kerja dan dunia kampus,” ungkap pria kelahiran Biak penyuka ungkapan “No one can do everything, but everyone can do something” ini.
1 thought on “Kepekaan Seorang Ricardo Indra”