Tidaklah keliru apabila manajemen PT Google Indonesia (GI) menunjuk Kurniawan Santoso sebagai Senior Account Manager. Pasalnya, di tangan lelaki berkepribadian ramah dan rendah hati ini GI sukses menjalin dan mengembangkan bisnis dengan perusahaan besar di sektor e-commerce dan travel dalam hal pembuatan advertising maupun solusi komunikasi lainnya.
Kurniawan Santoso, Senior Account Manager PT Google Indonesia.
Kurniawan bergabung ke GI pada 2012 bersamaannya dengan dibangunnya kantor resmi Google di Indonesia. Sebelumnya, dia malang melintang berkarir di perusahaan FMCG seperti Abbot Indonesia, Danone (Sari Husada), serta Johnson&Johnson sebagai sales executive hingga head of sales modern trade. “Saya menerima tantangan bekerja di perusahaan berbasis teknologi ini karena saya yakin masa depan kita ada di dunia informasi dan digital,” ujar pria yang memiliki visi menjadi personal inspiring yang bisa meng-empowerlocal talent agar punya daya saing global ini.
Menurut lelaki kelahiran Surabaya, 35 tahun lalu dan pehobi olahraga basket ini, perusahaan-perusahaan di Indonesia, baik yang sudah established seperti Garuda Indonesia maupun yang baru start-up seperti Traveloka, Tiket.com, BookPanorama, Blibli, Elevenia, menuai sukses karena mereka bersedia mengembangkan dan menyesuaikan dirinya dengan perkembangan teknologi dan perubahan consumer behavior. “Agar bisa survive dan bersaing di kancah regional maupun global, mereka memang harus menerapkan teknologi digital,” kata sarjana ekonomi lulusan Universitas Indonesia tahun 2002 itu.
Kurniawan mengaku menikmati pekerjaannya di GI. Di perusahaan ini, katanya, seluruh karyawan mengerjakan hal-hal menarik yang bermanfaat. "Do cool things that matters," ujarnya. Dia juga mengaku bangga menjadi bagian dari orang Indonesia pertama yang bergabung dengan Google.
1 thought on “Kurniawan Santoso, Dari FMCG ke Industri Teknologi”