Langkah Penny Legana Membangun Bisnis Kavvi Shoes

Menjadi merek yang mampu bertarung di pasar global menjadi impian Penny Legana sejak merilis bisnis sepatunya di 2017, dengan merek Kavvi Shoes. Bersama rekannya, Michael Chrisyanto, yang berperan sebagai Creative Director, ia menghadirkan aneka model sepatu yang up to date mengikuti tren yang disukai oleh kaum wanita.

Bagi entrepreneur muda kelahiran Jakarta 25 tahun silam itu, sepatu sudah menjadi dunianya sejak kecil. Dikisahkan Penny, "Dari kecil saya memang suka dunia sepatu. Mulai dari memperhatikan modelnya dan juga warna-warnanya. Itulah sebabnya saya mencoba berbisbis dengan membuat sepatu lokal Kavvi Shoes."

Bisnis sepatu yang dirintis Penny terinspirasi dari sang mama saya yang telah puluhan tahun menggeluti bisnis sepatu keselamatan. Berangkat dari nasihat sang mama pula, akhirnya Penny memiliki ide untuk membuat sepatu dan sandal yang nyaman dan awet untuk wanita dan anak muda.

"Dalam setiap pembuatan Kevvi Shoes, kami lakukan secara detail dengan sentuhan berbagai elemen yang eye catching, sehingga membuat mereka yang mengenakan penuh percaya diri. Yang terpenting, kualitasnya sangat bagus dan nyaman di kaki,” ia menambahkan.

Saat ini, menurutnya, Kavvi Shoes hanya mengandalkan pemasaran secara online atau digital. Ia bekerja sama dengan beberapa shopping online, antara lain Tokopedia. Koleksi Kavvi Shoes dijual pada kisaran harga Rp 398 ribu hingga Rp 498 ribu. "Berbagai model Kavvi Shoes juga dapat dilihat di toko Monstore, Jakarta Selatan," ungkapnya.

Sementara itu, guna memperbesar penjualan sekaligus branding, Kavvi Shoes memanfaatkan kekuatan social media, salah satunya Instagram. Selain itu, Kavvi Shoes juga aktif terlibat di acara-acara fashion show serta pameran guna memperkenalkan dan membangun brand awareness Kavvi Shoes.

Istimewanya, alumnus University of New South Wales-Sydney itu juga melakukan program pemberdayaan perempuan dengan memberikan peluang kerja kepada kaum wanita di sekitar lingkungan. Caranya, ia mengajarkan ibu-ibu di sekitar pabrik untuk terlibat dalam pembuatan Kavvi Shoes secara hand made.

"Saat ini, kami memang masih fokus untuk membesarkan produk Kavvi Shoes di dalam negeri. Tapi saya melihat dengan jaringan yang kita miliki, peluang untuk memasarkan produk kami ke luar negeri ke depannya juga terbuka lebar," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)