VP Marketing elevenia - Madeleine Ong de Guzman.
“Melihat dunia yang semakin dinamis, semakin banyak kesempatan bagi perempuan untuk maju, terlebih lagi di dunia digital dan teknologi. Pada dasarnya, perempuan itu sangat menyukai detil. Dan seperti yang kita tahu bahwa retail is details. Ini merupakan atribut penting dan ini sudah dimiliki oleh semua perempuan,” ungkap Madeleine Ong de Guzman, Vice President Marketing elevenia tentang peran perempuan di industri digital.
Berkarir di tiga negara, Filipina, Singapura dan Indonesia, menjadikan Madeleine memiliki cara berpikir yang berbeda melihat dunia digital. Perempuan yang hobi olah raga Muaythai dalam sela-sela kesibukannya ini, memulai karirnya di sebuah platform messaging di Filipina – pinoyexchange.com, lalu berlanjut sebagai Digital Director di Proximity, BBDO Guerrero. Setelahnya, pada tahun 2008 hingga 2010, Ia melangkahkan kaki ke negeri Singapura di bawah bendera telekomunikasi M1.
Langkahnya di bidang telekomunikasi pun berlanjut ke Indonesia, dengan bergabung bersama XL Axiata, di mana Madeleine bertanggung jawab untuk bisnis VAS (Value Added Service), termasuk Ring Back Tone, yang sempat heboh sekitar tahun 2010. Pelan tapi pasti, bersama XL Axiata, Madeleine juga diberikan tanggung jawab untuk mengembangkan bisnis telekomunikasi.
“Dari tanggung jawab baru ketika bersama XL Axiata inilah saya mulai berani menapaki diri dengan dunia e-commerce. Dari perjalanan pekerjaan saya di bidang digital, saya sadari bahwa memang industri digital didominasi oleh laki-laki. Namun bukan berarti perempuan tidak bisa mendominasi 'area' tersebut,” ujar Madeleine.
Ditunjuk sebagai Vice President Marketing untuk sebuah marketplace, menuntut Madeleine untuk terus mengembangkan ilmu dan pengalamannya lebih banyak lagi di bidang e-commerce. Dari kepemimpinannya di elevenia, Madeleine berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu The Most Influential Chief Marketing Officer in Asia dari Brand Congress pada tahun 2015.