Tidak banyak anak muda yang berani mengambil risiko dengan berpindah kuadran, dari seorang profesional di perusahaan yang mapan menjadi seorang socioentrepreneur. Adalah Rizky Muhammad, profesional IT yang pernah menjabat sebagai GM Marketing Media Channel di Telkomsel, yang kemudian mendirikan perusahaan rintisan Youthmanual, sebuah platform untuk membantu anak-anak SMA mempersiapkan diri menghadapi bangku kuliah dan karir. Platform ini sekarang menjadi nomor satu yang digunakan oleh siswa, guru, dan orang tua. Sebelum mendirikan Youthmanual, Rizky juga membantu membidani start up FemaleDaily.com yang kini menjadi referensi industri produk kecantikan dan perawatan Indonesia.
Bagi Rizky, membangun sebuah produk dan brand dari nol dengan resource yang sangat terbatas menjadi sebuah tantangan yang menyenangkan. “Apalagi, jika produk tersebut digunakan dan diadopsi oleh banyak orang seperti Youthmanual, tentu menjadi kepuasan tersendiri,” ceritanya kepada MIX.
Rizky mengakui bahwa membangun perusahaan rintisan berbasis teknologi seperti ini tidak mudah. Bisnis dengan model seperti ini membutuhkan waktu untuk berkembang sebelum akhirnya dapat dimonetisasi, katanya sambil menambahkan bahwa Youthmanual dibangun pada 2015. “Belum lagi, kendala terbesar di tahun pertama, yaitu mencari dan membangun tim.”
Kerja keras Rizky berbuah manis. Saat ini Youthmanual digunakan oleh lebih dari 600.000 siswa secara aktif, resmi digunakan di lebih dari 250 sekolah, dengan performansi lebih dari 1,2 juta unique visits dan 3 juta Pageviews setiap bulan. Fakta itu menjadikan Youthmanual sebagai referensi siswa, guru, dan orang tua.
“Jumlah tersebut masih kecil jika dibandingkan total populasi siswa target pengguna kami yang mencapai lebih dari 18 juta. Untuk itu, target jangka panjang saya adalah membuat Youthmanual menjadi platform persiapan kuliah dan karier yang dapat digunakan oleh seluruh siswa dan mahasiswa di Indonesia tanpa terkecuali,” tutup pria alumni Washington University ini.