Strategi Agus dan Revi Membangun Merek Tas Lokal RV

MIX.co.id - Melihat tren anak muda yang lebih senang membeli tas merek luar negeri dengan harga yang fantastis, pasangan suami-istri Agus Widodo dan Revi Rosiana Sari memutuskan untuk menghadirkan brand tas lokal RV (Reloas Victory) pada 2016. RV dihadirkan sebagai tas dengan harga yang terjangkau, namun kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. “Range harganya pun mulai dari Rp 35 ribu – Rp 199 ribu,” ucap Agus.

Kendati harganya terjangkau, namun desain-desain tas yang dihadirkan selalu mengikuti trend terkini. Dalam urusan mendesain, Revi memegang kendali untuk mengamati tren yang ada. Selanjutnya, dari tren yang diamati itu, ia melakukan modifikasi. Hasilnya, dalam sebulan, RV bisa meluncurkan dua hingga empat model baru. “Untuk memproduksi tas ini, kami bekerja sama dengan satu konveksi di Jakarta,” ujar Revi, alumnus Universitas Indonesia ini.

Lantas, bagaimana dengan strategi penjualan RV? Dijawab Agus, "Untuk strategi penjualan, kami fokus di online. Salah satu alasan yang membuat kami masuk ke platform online atau digital, karena target pasar RV sudah terbiasa berbelanja online dan melek teknologi. Alasannya lainnya, agar lebih cepat dan mudah untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Saat ini, RV sudah hadir di semua platform marketplace dan sudah memiliki sekitar 200 reseller yang tersebar di seluruh Indonesia."


Sementara itu, untuk membangun brand awareness, RV memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram dan Tiktok. RV juga meng-endorse artis dan selebgram ternama untuk membangun brand awareness-nya.

Sementara itu, memanfaatkan momentum Harian Belanja Nasional (Harbolnas) 12.12, RV juga telah menyiapkan program menarik Flash Sale Serba Rp 12 ribu. Revi mengungkapkan, di akhir tahun ini, RV ingin memberikan kejutan kepada pelanggan setianya. “Di kampanye 12.12, harga tas RV sama dengan 1 porsi seblak. Di RV dengan Rp 12 ribu sudah dapat tas cantik,” ucapnya.

Saat ini, merek RV telah menjual 900-10.000 piece per produknya. Per bulan, RV bisa mengirimkan sekitar 10 ribu paket yang dikirimkan ke seluruh Indonesia. “RB juga sudah punya dua outlet di Jakarta dan Bogor. Target kami ke depan, RV akan membuka satu cabang baru di Bekasi," tutur Agus yang mengaku optimis mereknya bisa bersaing dengan brand-brand lokal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)