Teddy Arifianto, Sosok PR di Balik Sukses Mini Drama AADC

“Jadi, beda satu purnama di New York dan di Jakarta? Detik tidak pernah melangkah mundur. Tapi, kertas putih itu selalu ada. Waktu tidak pernah berjalan mundur. Dan, hari tidak pernah terulang. Tetapi, panji selalu menawarkan cerita yang baru. Untuk pertanyaan yang belum sempat terjawab. Love, life, LINE.”

Sepenggal kalimat di atas kini tengah popular dan menjadi bagian dari mini film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) yang disebar oleh LINE Indonesia, dalam rangkaian edukasi  fitur terbaru Find Alumni. Berkat strategi PR dan Build in Branding yang diterapkannya bersama dengan tim, viral AADC versi LINE mampu menjaring viewers di Youtube hingga lebih dari 1 juta viewers di hari peluncuran pada Jumat (7/11/2014). Bahkan angka tersebut terus meningkat hingga menembus angka lebih dari 3 juta viewers.

Teddy Arifianto

Teddy Arifianto

Salah satu sosok dalam keberhasilan campaign tersebut adalah Teddy Arifianto, Team Leader PR LINE Indonesia. Bagi Teddy, keberhasilan campaign ini tidak sebatas kesuksesan pribadi tapi juga tim. “Selain mini film yang boomning, pengguna fitur Find Alumni juga mengalami peningkatan hingga 700%.”

Teddy merupakan sosok professional PR yang sangat passionate terhadap apa yang dikerjakannya. Memegang prinsip "if you are PR you have to be 24 hour PR", Teddy menggangap pekerjaannya adalah bagian dari hidup yang ia nikmati. Bahkan, ia juga berteman dengan media serta lingkungannya. “Bonusnya adalah in term of media relation is networking, jadi kita punya banyak teman,” katanya.

Menurutnya, fungsi seorang PR itu adalah supporting team management secara keseluruhan. Oleh karena itu, sebagai PR, ia harus memahami seluruh kegiatan yang ada di perusahaan. “Jadi, saat ditanya oleh media atau pihak lain, tidak ada jawaban tidak tahu. Kita harus menguasai apapun tentang perusahaan dimana kita bekerja, karena itu adalah pondasinya,” papar Teddy.

Melirik rekam jejak karir profesional Teddy, pria kelahiran 1979 ini sejatinya memiliki passion kuat di bidang komunikasi. Pernah menjadi wartawan cetak dan televisi, Teddy sempat juga bekerja di JobsDB Indonesia. Memiliki spesialisasi di media relation, strategic communication, public relation dan creative thinker, pria bergelar MM Komunikasi dari Universitas Trisakti tahun 2012 ini sebelumnya telah lama berkiprah di agensi komunikasi dengan bergabung bersama IPM Public Relation untuk pos Marcomm Senior Account Manager selama lebih dari tujuh tahun (2005 – 2012). Setelah itu, ia mencoba peruntungannya bersama dengan Fleishman Hillard sebagai Senior Account Manager (Mei 2012 – Februari 2014).

Namun, Teddy  rupanya tak kuasa membendung rasa penasaran untuk bergabung dengan salah satu perusahaan instan messanger besar asal Jepang, LINE, hingga akhirnya ia berlabuh ke LINE Indonesia per Mei 2014 sebagai Team Leader Public Relation LINE Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)