Yana, Dunia Trade Marketing, dan e-Commerce

“Berkembangnya e-commerce justru menjadi peluang besar bagi retailer dengan jaringan outlet luas. Karena selain dapat mengembangkan in-store Business to Consumers seperti biasa, outlet juga berfungsi sebagai logistic provider untuk men-support pengembangan bisnis e-commerce. Saat ini sudah ada retail besar yang mulai fokus mengembangkan online channel dan hanya tinggal menunggu waktu saja (untuk launching—Red). Ini akan dikembangkan juga oleh retail yang lain,” kata Nurjannah Husein S., National Sales Manager-Modern Trade Indolakto, Indofood Dairy Division.

Ditemui seusai menghadiri gathering #MIXMarCommunity beberapa waktu lalu, Yana, demikian perempuan yang belasan tahun malang melintang di dunia trade marketing ini lalu bercerita tentang dunianya. Menurut dia, meski e-commerce berkembang pesat di Indonesia, tetap saja toko ritel masih sangat menjanjikan. “Peningkatan jumlah outlet & ekspansi area baru yang dilakukan oleh beberapa retailer menunjukan optimisme yang tinggi,” katanya kepada MIX.

Khusus untuk channel minimarket, menurut perempuan yang sejak terjun ke dunia profesional fokus di industri dairy ini, proximity/kedekatan & waktu kunjung yang flexible menjadi keunggulan tersendiri. Kemudahan akses informasi promosi melalui berbagai aplikasi juga mampu meningkatkan store traffic sekaligus meningkatkan impulse dan stock up buying, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dimana akses informasi masih sangat terbatas—sebagian besar hanya didapatkan melalui mailer, out door banner & koran sebagai sumber informasi utama.

Yana memulai karirnya di Indolakto sebagai business development project manager pada lebih dari empat tahun silam. Pengalamannya di industri dairy product membawa Yana pada posisinya sekarang. Sebelum bergabung dengan Indolakto, Yana bekerja untuk Danone Dairy selama hampir tiga tahun dengan jabatan terakhir sebagai senior regional sales manager. Alumni Ilmu Kelautan Marine Exploration Universitas Hasanuddin Makassar ini terdampar di dunia sales dan trade marketing sejak bergabung dengan Nestle pada 2006-2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)