Zata Bening Awanis, Senior Officer Communication McDonald’s Indonesia

Junior PR Practitioner of the Year 2019

Indonesia PR of the Year 2019

Awak media dan perusahaan, di mata Zata Bening, adalah hubungan mutualistis. Dalam menjalankan tugas jurnalistik, awak media perlu PR untuk konfirmasi berita atau akses wawancara dengan narasumber di perusahaan. Sebaliknya, perusahaan membutuhkan jurnalis untuk mempublikasikan citra positif perusahaan kepada khalayak melalui medianya.

Sebagai Senior Officer Communication di McDonald’s Indonesia, Bening bertugas men-support kegiatan PR perusahaan, yaitu menjalankan tugas internal dan external relations. Dalam menjalankan external relations ini ia berhubungan dengan media, membuat press release dan fact sheet untuk kegiatan konferensi pers atau launching produk. Tidak hanya menangani stakeholder dari kalangan media, Bening pun dilibatkan dalam menangani customer relations.

Saya menganggap para jurnalis ini sebagai teman. Saya enjoy berteman dengan mereka,” papar alumnus FIKOM Universitas Padjajaran Bandung jurusan Hubungan Masyarakat ini.

McDonald’s Indonesia menjadi perusahaan pertamanya dalam berkarier. Ia bergabung sejak 2016, setelah sebelumnya magang di sana. Tentang perkembangan dunia komunikasi yang dihadapinya saat ini, menurut Bening, kehadiran social media yang happening membuatnya harus ekstra kerja keras. Ini menjadi tantangan karena customer kerap menyampaikan aspirasinya melalui social media, tutur Bening. “Memantau dan mendengarkan (hearing) berbagai postingan di social media adalah extra job yang mesti dilakukan. Jika ada komplain, harus ditangani dengan cepat dan tepat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)