Strategi Sismi Rahayu Membangun Bisnis Homedecoryogya

MIX.co.id - Hobi mendekorasi isi rumah telah  memicu Sismi Rahayu untuk membangun bisnis Homedecoryogya, pada  tahun 2020. Bersama sang suami, Sismi yang kala itu merupakan ibu rumah tangga mulai mempelajari bagaimana mengawali bisnis dan strategi mengembangkan bisnis dengan belajar cara berjualan di Shopee.

Selanjutnya, usai merasa paham dengan pola kerja Shopee, Sismi kemudian mengajak pengrajin lokal untuk menciptakan barang yang diinginkan. Kreativitasnya dalam menciptakan ragam produk berangkat dari situasi di tengah pandemi, dimana banyak dihabiskan di rumah. Itu sebabnya, Sismi berusaha menciptakan produk yang dapat menjadikan rumah sebagai tempat yang lebih nyaman rapi dan terlihat estetik dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda.

Diungkapkan Sismi Rahayu, Owner Home Decor Yogya, “Dimulai dari dua orang, saat ini Homedecoryogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh pengrajin lokal. Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui Homedecoryogya dan memberikan kesempatan bagi karya para pengrajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia.”

Sadar akan pentingnya strategi pemasaran dalam ranah digital untuk memperluas jangkauan pasar, Sismi pun mulai mempelajari kiat-kiat strategi pemasaran melalui berbagai sumber di internet secara otodidak.

Selain memanfaatkan sosial media untuk promosi bisnis yang baru ia bangun, Sismi juga langsung bergabung dengan Shopee untuk memperkuat online presence serta mempermudah akses konsumen berada untuk mendapatkan rangkaian produk yang tersedia di homedecoryogya.

Alhasil, dengan jangkauan luas yang ditawarkan oleh media sosial dan juga Shopee, Homedecoryogya semakin mudah dikenal dan diminati oleh konsumen. Sejatinya, langkah itu mampu meningkatkan omzet penjualan.

Diakui Sismi, untuk terus mengembangkan bisnisnya, ia memanfaatkan ragam fitur dan alat yang ditawarkan oleh Shopee. Ia juga senantiasa memanfaatkan berbagai program serta inovasi di Shopee, khususnya berbagai fitur promo serta kampanye yang Shopee hadirkan. Homedecoryogya juga sering berpartisipasi dalam setiap kampanye yang dihadirkan oleh Shopee.

"Kampanye berbeda yang dihadirkan setiap bulannya tidak hanya memberikan keuntungan bagi pembeli, tetapi juga untuk pelaku usaha. Partisipasi Homedecoryogya dalam banyak kampanye telah membantu memperkuat online presence di ranah digital serta membantu meningkatkan pesanan hingga 2x lipat  terhadap produk kami," ceritanya.

Selain membantu dari sisi penjualan, lanjutnya, Shopee juga memberikan pendampingan penuh bagi para penjual untuk terus belajar dan berinovasi guna mengikuti perubahan zaman khususnya berjualan secara online. Sismi yang awalnya tidak paham betul tentang teknologi, kini sudah mahir menjalankan bisnis secara online.

Berkat strategi serta semangat yang dilakukan untuk terus berkembang dan memperluas jangkauan, kini, Homedecoryogya  telah dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia sebagai produk lokal dengan kualitas bersaing.

“Sejak berjualan online bersama Shopee, penjualan homedecoryogya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya saat mengikuti program kampanye yang dihadirkan Shopee, penjualan bisa naik hingga 50%. Ini tidak terlepas dari bantuan Shopee yang selalu peduli terhadap keberlangsungan bisnis penjual, selalu melakukan inovasi terbaru yang senantiasa membantu kami sebagai seller untuk terus berkembang. Berbagai program dan kampanye besar yang ditawarkan oleh Shopee seperti 6.6 Rumah dan Hobi Sale yang diikuti oleh homedecoryogya juga turut mendongkrak penjualan kami," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)