ASTRA LIFE TEAM IN “INSURANCE IS LOVE” Indonesia MarComm Dream Team 2023- Excellent Team Category

MIX.co.id - Awal 2022, perusahaan asuransi menghadapi tantangan berat. Masalah mencuat karena sebagian nasabah asuransi unit link merasa kecewa karena hal dijanjikan agen pemasar tidak sesuai dengan yang diterimanya. Hal itu berdampak buruk pada citra asuransi jiwa unit link. Tantangan lainnya, kurangnya literasi tentang fungsi utama dan manfaat positif yang dimiliki asuransi jiwa sebagai safety net masa depan keluarga.

Oleh karena itu, tim MarComm & CorComm Astra Life yang digawangi oleh Windy Riswantyo selaku Marketing & Alternate Channel Group Head dan Sari Pranoto selaku Marketing Branding & Corporate Comm. Dept. Head, terdorong untuk mengembalikan persepsi masyarakat yang salah tentang asuransi, di mana fungsi utama asuransi adalah sebagai proteksi dan bentuk tanggung jawab kepada keluarga. Pesan tersebut disampaikan melalui kampanye “Insurance is Love”, yang dikemas dalam format musik sebagai salah satu bahasa universal. Kampanye ini dihadirkan juga sebagai wujud dari tagline Love Life yang telah dibawa secara konsisten sejak Astra Life pertama kali hadir pada 2014.

Dalam kampanye ini, Astra Life berkolaborasi dengan salah satu musisi Indonesia, Kunto Aji, untuk membuat sebuah single terbaru berjudul “Salam pada Rindu”, yang liriknya dibuat dari nasihat orang tua tentang hal terpenting dalam hidup. Di dalamnya, diselipkan pesan untuk menjaga keluarga dan membuktikan cinta, salah satunya dengan asuransi jiwa.

Salah satu aktivasi yang dilakukan pada kampanye “Insurance is Love” adalah dengan mengajak audiens untuk berbagi momen kebersamaan dan kehangatan bersama keluarga di instagram, Tiktok, dan Twitter. Kemudian, video yang di-share menggunakan lagu “Salam Pada Rindu.” Mereka yang mengirim video terbaik akan mendapatkan parcel spesial dari Astra Life dan Kunto Aji berupa paket makanan untuk keluarga.

Hasilnya, kampanye “Insurance is Love” berhasil mendapatkan 212 juta impressions atau 141% lebih tinggi dari target yang ditetapkan di awal. Tak hanya itu, Tim MarComm & CorComm Astra Life juga berhasil meraih penghargaan MarComm Dream Team 2023 dari Majalah MIX MarComm sebagai “Marcomm Excellent Team”.

Salah seorang dewan juri Jojo S. Nugroho, yang juga Ketua Umum APPRI (Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia), menilai, “Program Insurance is Love dari Astra Life telah menjawab secara elegan krisis asuransi Unit Link, more emotional sekaligus rasional.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)