#MaskerTemanTuli merupakan salah satu program unggulan Asuransi Astra di tengah pandemi Covid-19. Dalam menggelar kampanye sosial ini, Asuransi Astra menggandeng sejumlah komunitas Tuli. Hasilnya, program ini mendapat sambutan yang sangat positif, bahkan memperoleh penghargaan dari internal maupun dari sejumlah media.
Program unggulan lainnya adalah HUT ke-64 Asuransi Astra. Digelar pertama kali secara online, progam ini menjadi ajang kumpul seluruh insan Asuransi Astra sekaligus memperkenalkan tata nilai baru, Peace and Fun. Setiap tata nilai dijadikan pedoman dalam menyusun kegiatan pre-selebrasi, sehingga pada saat selebrasi dapat ditarik suatu benang merah Peace and fun.
Sukses program tersebut tentu saja tak lepas dari kepiawaian tim marcomm Asuransi Astra dalam merancang sekaligus mengeksekusinya. Dikatakan Laurentius Iwan Pranoto, Senior VP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, dari awal persiapan program, seluruh anggota tim selalu melakukan brainstorming secara bersama-sama, baik untuk memperoleh ide-ide baru maupun untuk mematangkan ide yang sudah ada. “Challenge tidak berlaku hanya dari head ke anggota, namun juga dari anggota ke head. Seluruh anggota tim memiliki kesempatan yang sama dalam berpendapat,” katanya.
Selanjutnya, usai menjadi satu kesatuan rangkaian program, anggota tim memiliki tangung jawab masing-masing dan selalu melakukan koordinasi rutin. Dengan demikian, menurut Iwan, ketika dalam persiapan ada kendala dan hambatan, maka tim akan berdiskusi untuk memutuskan solusi yang cepat dan tepat.
“Selain koordinasi dengan sesama tim Marcomm, koordinasi juga dilakukan dengan pihak-pihak yang berkaitan untuk memastikan bahwa ide dan eksekusi berjalan dengan baik serta sesuai target,” ungkap Iwan, yang menyebutkan bahwa ia harus bertanggung jawab kepada CMO Retail Business Asuransi Astra Gunawan Salim.
Diakuinya, situasi di awal pandemi memang menjadi hal yang berdampak besar pada perusahaan, khususnya tim Marketing Communication. Disrupsi teknologi digital, termasuk pada saat pandemi, mengharuskan tim belajar media komunikasi baru yang bisa digunakan untuk mempermudah koordinasi.
“Untuk itu, inovasi yang harus dilakukan adalah mengubah seluruh program offline menjadi online. Sebab, kami yakin bahwa dengan cepat beradaptasi dalam mengaplikasikan dan mengontrol teknologi, akan membuat kami bisa tetap maju dalam menjaga reputasi brand, tutupnya.
Tim MarComm Asuransi Astra
- Laurentius Iwan Pranoto, Senior VP Communication & Customer Service Management
- Brand Communication: Dita Puspita Sari (Head of Brand Communication), Sari Saraswati, Aryo Kusuma Putra, dan Ni’Matul Maula Pelita
- Public Relations & Activation: Angela Ria Anindita (Head of PR & Activation), Kezia Estherina Santoso, Fahrizal Gifari, dan Deka Julfiana