Team

Corporate Communication Team PT Telkom Indonesia Tbk

CorComm Team of the Year 2019

(in Infrastructure, Utility, and Transportation Industry)

Menjadi CorporateReputationGuardian bagi sebuah entitas besar di industri telekomunikasi yang tercatat sebagai perusahaan publik di era 4.0 sangat menantang. “Dengan jumlah karyawan tidak kurang dari 20.000 orang, cakupan layanan yang luas—terbentang dari Aceh hingga Papua, dan portofolio produk dan layanan sangat beragam yang terus berkembang dinamis, tugas kami di Unit Kerja Corporate Communication tidak pernah habis,” kata Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

“Fakta bahwa Telkom adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara menambah tantangan tadi semakin nyata bobotnya. Demikian juga statusnya sebagai perusahaan terbuka yang tidak hanya listing di Bursa Efek Indonesia (BEI), melainkan juga di bursa global New York Stock Exchange (NYSE), menjadikan Telkom sebagai medan laga praktik komunikasi yang menguji keterampilan,” tambah Arif.

Dia dan timnya yang beranggotakan 30 orang—sebagian besar generasi milenial—dituntut untuk selalu bersiaga memastikan komunikasi perusahaan berjalan dengan baik dan reputasi perusahaan terjaga. Sebagai perusahaan publik, menurut Arif, setiap kebijakan dan aksi korporasi PT Telkom selalu menarik perhatian publik mengingat potensi dampaknya yang luas.

Oleh karena itulah, lanjutnya, PT Telkom menjadikan pengelolaan komunikasi perusahaan sebagai bagian penting dari proses diseminasi setiap kebijakan. “Setiap pesan yang dikeluarkan harus dipertimbangkan secara cermat, agar sejalan dengan ekspektasi para pemangku kepentingan (stakeholders),” ujar Arif.

Arif bersyukur memiliki tim komunikasi yang andal, sehingga komunikasi publik yang dilakukannya dapat berjalan dengan baik. Di era serba digital saat ini, lanjutnya, tantangan yang dihadapi semakin tinggi dan semakin beragam. Sementara karakter dan sifat publik yang harus dilayani sudah berubah. “Karena itu kami juga memberikan perhatian kepada praktik digital PR,” jelas Arif.

Selain anugerah The Best CorComm Team dari Majalah MIX MarComm SWA Media Group, unit CorporateCommunication Telkom juga pernah meraih Golden World Awards for Excellence in PR selama tiga tahun berturut-turut—terakhir pada tahun ini. Rekognisi ini diselenggarakan oleh International Public Relations Association (IPRA), asosiasi kehumasan kelas dunia yang berkantor pusat di Inggris.

Lis Hendriani

Recent Posts

Agoda Rilis Destinasi Favorit untuk Slow Travel di Asia

MIX.co.id – Istilah slow travel belakangan menjadi tren. Dalam lima tahun terakhir, menurut Google Trends,…

23 mins ago

GrabAds Dongkrak Bisnis Matjib Korean Food

MIX.co.id – Kristia Rachmawati, pemilik usaha Matjib Korean Food, sukses mengembangkan bisnis kulinernya di Bali.…

28 mins ago

Begini Upaya Zurich dan PJI Persiapkan Generasi Muda Memasuki Dunia Bisnis

MIX.co.id - Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar ‘Regional Student…

4 hours ago

Pentingnya Mengukur Efektivitas Kampanye Brand di Media Luar Griya

MIX.co.id - Laporan Statista mengungkapkan, belanja iklan Media Luar Griya atau Out-of-Home (MLG/OOH) di Asia…

11 hours ago

Tecno Spark 20 Pro+ Raih Penghargaan Platinum di “MUSE Design Award 2024”

MIX.co.id - Usai diluncurkan pada Februari 2024 lalu, Tecno Spark 20 Pro+ yang merupakan salah…

1 day ago

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

2 days ago