Kreatif dan Inovatif Ala Tim Magister Bisnis IPB

Berdiri sejak 1991, Magister Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB)—dulu bernama Magister Manajemen Agribisnis IPB—kini menjadi salah satu sekolah bisnis terkemuka di Tanah Air. Ini dibuktikan oleh sederet prestasi yang diraihnya, antara lain menempati peringkat pertama sebagai Sekolah Bisnis terbaik di Indonesia versi Webometrics Juli 2012, peringkat ketiga se-Asia Tenggara, dan peringkat ke-100 sedunia.

Tim Magister Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB)

Pencapaian tersebut tak lepas dari upaya pembenahan yang dilakukan MB-IPB sejak 2005 lalu. Dikomandani Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc selaku Direktur Program Pascasarjana, MB-IPB mengganti posisi manager yang selama ini diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), dengan tim kependidikan—yang notabene tahu betul tentang kebutuhan dunia pendidikan.

Menurut Arief, ada empat divisi yang menjadi pusat produksi dari aktivitas dan inovasi MB-IPB. Keempat divisi itu adalah Divisi Pemasaran dengan manajer Ir. Tri Yudi Widayanti, MM; Divisi Perencanaan dan SDM dengan manajer Lidia Tri Putri, SS, MM; Divisi Akademik dan Kemahasiswaan dengan manajer Ir. Yudi Setiadi, MM; Divisi Penelitian, Pengembangan, dan Kemitraan dengan manager DR. Dudi S. Hendrawan, MM.

Langkah berikutnya adalah mengganti logo MB-IPB dengan menggandeng pakar branding Daniel Surya dan menciptakan taglineCreating Excel People from The Excellence Place.” Dengan tagline itu, kata Arief, tim MB-IPB memegang prinsip Excel—Excellence, Commitment, Entrepreneurship, dan Leadership. “Selain itu, kami ingin menciptakan MB-IPB berkonsep marketing modern,” katanya.

Manajer Divisi Pemasaran Ir. Tri Yudi Widayanti, MM menambahkan bahwa beragam kampanye komunikasi dan pemasaran pun dibuat lebih progresif dan variatif. Mulai dari beriklan di radio, bekerja sama dengan sejumlah media massa, hingga aktivasi rutin. Bahkan, Tim MB-IPB pun tak segan-segan berkunjung ke sekolah-sekolah terbaik di Indonesia dan luar negeri untuk mencari benchmark sekaligus insight.

Kekompakan Tim MB-IPB, diakui Yanti, demikian Tri Widayanti biasa disapa, tak lepas dari prinsip sekaligus budaya kerja ARIEF yang telah ditanamkan di setiap individu tim. ARIEF adalah kependekan dari Adoptability, Responsibility, Integrity, Empowering, dan Fairness.

“Di sini, kami merasakan sekali rasa kekeluargaan. Interaksi antar anggota tim, termasuk dengan atasan pun cair. Kami bebas mengemukakan pendapat maupun ide. Bahkan, kapan pun kami butuh berkoordinasi maupun berdiskusi, kami bisa lakukan lewat grup BBM (Blackberry Messenger)—yang difasilitasi kantor. Dengan demikian, keputusan dapat diambil dengan cepat,” cerita Yanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Kreatif dan Inovatif Ala Tim Magister Bisnis IPB”

Mmm kan ke baik kalau semua blogger camnie... saya suka post awak. . tahniah...
by Tips Pemasaran Facebook, 12 May 2013, 12:14

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)