MIX.co.id - Untuk mendongkrak popularitas Toffin, tim Marcommnya menggelar program aktivasi bertajuk ‘Toffin Masterclass 2.0’ selama Juli hingga September lalu. Event yang digelar di 13 kota di tanah air ini juga bertujuan untuk membantu dalam pengembangan program keterampilan dan pengetahuan sehingga mereka memiliki keunggulan kompetitif dan dapat mengandalkan Toffin sebagai mitra dalam pengembangan bisnis dan profesional. Sebelumnya, event serupa bertajuk ‘Toffin Masterclass 1.0’ telah digelar pada Januari-Maret 2024, juga di 13 kota Tanah Air.
‘Toffin Masterclass 2.0’ membidik komunitas, start up, barista, bartender, mixologist, chef, baker, maupun masyarakat umum. Selain kelas kopi, event juga menampilkan kelas beverage, pasta dan bakery. Event ini diisi dengan workshop, presentasi dan demo menu, serta menghadirkan mentor dari kalangan profesional.
Mengintegrasikan meta-ads, strategi PR (PR-ing), KOL marketing, email marketing, dan word of mouth sebagai channel komunikasi, event ‘Toffin Masterclass 2.0’ meraih sukses. Tercermin dari average event score yang mencapai 90.43% menyatakan sangat puas (very satisfied), dan sebanyak 97,39% dari peserta ingin ikut kembali pada event serupa level berikutnya (Masterclass 3.0). Sementara dari sisi publikasi, pemberitaan event tayang di 27 media nasional dan lokal. PRValue diestimasi mencapai Rp1,7 miliar.
Sukses tersebut berkat kepiawian tim Marcomm Toffin yang dipimpin oleh Ario Fajar sebagai ProjectDirector dengan dibantu anggota dari tim event, tim creative, tim communication, dan melibatkan IT Departement, Sales Departement, dan Business Departement.
Ario Fajar menegaskan, Toffin telah memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan sejenisnya sejak tiga tahun lalu. Awal adopsi penggunaan lebih banyak untuk bisnis dan operasional, lalu saat ini pemanfaatnya juga banyak digunakan oleh tim Marcomm.
“Bisa dibilang, Toffin Indonesia adalah perusahaan pertama (penyedia produk dan jasa horeka—hotel, restoran, katering) yang mengimplementasi AI untuk bisnis dan pemasaran,” tandas Ario Fajar, VP Marketing Toffin Indonesia. Tim Marcomm Toffin meraih predikat Excellent dengan poin 358,50.