Tiga Wanita di Balik Sukses KAMI

MIX.co.id - Hadir sejak 2009 lalu, merek urban modest wear KAMI  mampu eksis di tengah tantangan ganda, disrupsi dan pandemi. KAMI juga berhasil melebarkan sayap bisnisnya, dengan membuka cabang offline store baru di Indonesia.

Sukses tersebut tak lepas dari kekompakan  tiga wanita pendiri KAMI, yakni Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini. Ketiga wanita hebat itu mampu melancarkan strategi agar dapat tetap bertahan dan semakin melebarkan sayap bisnis di tengah pandemi.

Sebagai CEO of KAMI, Istafiana Candarini atau yang akrab dipanggil Irin, mengatakan,  ada beberapa aspek yang menjadi faktor keberhasilan KAMI di tahun 2021. Di antaranya, kemampuan beradaptasi dan tetap membangun human connection yang hilang selama pandemi ini.

"Kami percaya, kekuatan sebuah brand ada pada emotional connection dengan konsumennya. Di awal pandemi, kita kehilangan itu. Namun, kita terus berusaha membangun koneksi dengan #kamipeople. Misalnya, melalui virtual event seperti gathering ataupun webinar yang memanfaatkan platform online yang dimiliki dan Instagram Live. Dengan demikian, KAMI sebagai sebuah brand bisa mampu berinteraksi dan membangun kedekatan dengan konsumennya," terang Irin.

Peraturan pemerintah yang mewajibkan pelaku industri untuk Work From Home (WFH) menjadi tantangan tersendiri, namun KAMI mampu menjaga kerja sama dan kekompakan tim dalam menjawab kebutuhan serta keinginan dari para konsumen. "Di tengah pandemi sekalipun, KAMI terus berinovasi dengan menghasilkan produk yang relevan  guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen,” imbuhnya.

Sederet inovasi juga dihasilkan KAMI di masa pandemi yang tidak menentu. Dimulai dari koleksi spesial Hari Raya, Monogram Scarf, loungewear, hingga koleksi basic yang siap menemani konsumen di berbagai kesempatan. Di setiap koleksi, KAMI selalu membawa konsep refined, urban, dan timeless.

"Refined quality selalu menjadi janji kami pada konsumen, dengan dibalut dalam silhouette yang simpel, elegan, dan timeless dengan kualitas bahan yang bersaing dengan produk impor. Sedangkan urban fashion merujuk pada baju-baju yang simpel dan mudah digunakan guna menjawab kebutuhan wanita modern yang menginginkan kepraktisan," ucap Irin.

Tahun ini, KAMI juga merangkul beberapa public figure inspiratif dan brand lainnya untuk berkolaborasi mendukung semakin banyak wanita modern agar tampil percaya diri, cantik, dan cerdas terutama di tengah pandemi sekalipun. Kolaborasi-kolaborasi KAMI tersebut antara lain dengan Dhatu Rembulan, yakni Darla Collection yang menghadirkan loungewear. Kemudian,  kolaborasi dengan Farahanim, selebgram cantik asal Malaysia yang menghadirkan Fariba Scarf. Termasuk, kolaborasi dengan Sarah Sofyan yang menghadirkan Ruze Scarf Extended. Sementara itu, untuk kolaborasi dengan brand lainnya, KAMI juga berkolaborasi dengan Disney, yakni Disney Raya dan Disney Frozen; kemudian dengan Debellin, Zalora, dan Cotton Ink untuk koleksi spesial hari Idul Fitri; serta Sare dengan koleksi Loungewear in Harmony.

Dari segi bisnis, Afina menjelaskan bahwa konsistensi dan keseriusan dalam menjalankan bisnis menjadi aspek penting yang membuat KAMI bisa bertahan dan sukses di tengah pandemi Covid-19. “Di tahun 2021, meskipun di tengah pandemi, bisnis KAMI mampu bertahan dengan baik dan justru semakin berkembang karena konsistensi, nilai, dan kualitas yang selalu kami pertahankan dari awal. Dengan tetap tenang dalam menghadapi pandemi dan perubahan sistem kerja menjadi WFH, kami bertiga memiliki lebih banyak waktu untuk berbenah proses bisnis internal," ucapnya.

Bahkan, guna membuktikan keseriusan dalam menjalani bisnis, lanjut Afina, di tahun ini, KAMI merekrut Chief Operating Officer (COO) baru dan membuka dua cabang offline store baru agar dapat menjangkau lebih dekat #kamipeople di seluruh Indonesia,.

"Kunci kesuksesan lainnya adalah dengan menjalankan strategi yang consumer centric sejak pertama KAMI berdiri hingga kini.  Salah satunya lewat program Shop & Feel Good, di mana setiap konsumen yang melakukan pembelian senilai satu juta rupiah secara otomatis akan ikut berdonasi satu baju untuk para korban bencana erupsi Gunung Semeru. Selain itu, di penghujung tahun 2021 dan sebagai apresiasi KAMI kepada seluruh konsumen, KAMI membuat program Year End Sale dengan total diskon hingga 90% yang berlaku di seluruh channel penjualan KAMI baik offline store, website, dan e-commerce,” papar Afina.

Ditambahkan Karina, selain dari sisi bisnis dan kekuatan tim, kemampuan pelaku usaha dalam membaca peluang dan memanfaatkan trend di masa mendatang juga penting dalam sebuah industri retail untuk bertahan di masa pandemi.

“KAMI melihat trend warna-warna cerah cantik yang netral untuk acara santai dan formal akan menjadi favorit nantinya. Selanjutnya, akan lebih banyak kategori produk smart casual, yang bisa digunakan untuk pemakaian santai hingga formal. Oleh karena itu, untuk koleksi di tahun 2022 ini, kami akan meluncurkan lebih banyak variasi koleksi  yang dilakukan secara berkala setiap bulannya serta mengekspansi bisnis KAMI lebih besar lagi ke seluruh Indonesia, bahkan kalau bisa ke lain negara,” tutup Karina.

​​

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)