Kampanye #JagaEkonomiIndonesia merupakan salah satu program CorComm Tokopedia yang dijalankan sepanjang pandemi Covid-19. Diungkapkan Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia, kampanye #JagaEkonomiIndonesia merupakan bentuk nyata dari komitmen Tokopedia sebagai perusahaan Indonesia untuk mengambil andil dalam menjaga perputaran roda ekonomi bangsa dan membangun negeri di tengah situasi menantang seperti saat ini.
“Kampanye #JagaEkonomiIndonesia ini menjadi penting karena merupakan payung utama seluruh kampanye Tokopedia sepanjang 2020, di mana seluruh inisiatif turunannya berfokus pada tiga prioritas utama kampanye ini, yaitu memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan dari rumah; menjaga kelangsungan bisnis para penjual; dan mendorong pemulihan ekonomi Indonesia,” tuturnya.
Sukses program tersebut sejatinya tak lepas dari kekompakan tim. Di Corporate Communications Tokopedia, diakui Nuraini, ada struktur yang sudah terpetakan dengan rinci untuk menjalankan fungsi komunikasi yang terintegrasi dan menjangkau seluruh pemangku kepentingan. Saat ini, divisi Corporate Communications Tokopedia terbagi ke dalam tiga divisi, yang meliputi Internal Communications and Owned Channels, External Communications, dan Media Intelligence.
Tim Internal Communications and Owned Channel bertanggung jawab untuk memastikan lebih dari 5.500 Nakama (sebutan untuk karyawan Tokopedia) menerima informasi dan memiliki persepsi yang sama mengenai arahan dan alasan perusahaan meluncurkan kampanye #JagaEkonomiIndonesia. “Hal ini dilakukan lewat kanal komunikasi internal maupun owned channels yang dapat diakses publik seperti situs resmi perusahaan dan media sosial untuk employer branding,” katanya.
Sementara itu, tim External Communications berperan penting dalam mengomunikasikan kampanye tersebut kepada pemangku kepentingan eksternal, seperti pegiat usaha, pemerintah, dan masyarakat umum. “Fokus utama tim External Communications pada saat itu adalah untuk menginspirasi lebih banyak bisnis lokal untuk beralih ke platform digital (Tokopedia) untuk mempertahankan bisnis di tengah pandemi, sekaligus mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia untuk membeli produk lokal. Tim External Communications Tokopedia juga secara rutin melakukan content seeding, baik dalam bentuk siaran pers maupun memfasilitasi media untuk berkomunikasi langsung dengan penjual di Tokopedia,” paparnya.
Setelah menjalankan semua strategi baik internal maupun eksternal, tim Media Intelligence memainkan peran dalam mengukur efektivitas komunikasi yang sudah dilakukan oleh tim External Communications, sekaligus memberikan insights yang dapat menjadi basis pengembangan strategi komunikasi selanjutnya.
Lebih jauh ia menerangkan, pandemi telah mendorong Tokopedia untuk senantiasa membangun komunikasi lebih dulu ke dalam, sebelum ke luar (internal-first approach). “Kami memberikan perhatian khusus terhadap komunikasi pada Nakama sebagai aset terpenting perusahaan. Kami meluncurkan beragam inisiatif untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan (well-being) dari Nakama,” tutupnya.
Tim CorComm Tokopedia:
- Nuraini Razak, VP of Corporate Communications
- External Communications: Ekhel Chandra Wijaya (External Communications Senior Lead), Antonia Adega, Hiskia Majesty, Nikki Fadlin, Shania Haroen, Shakeena Ruki, Ghislaine Athalia, Fardhan Ramzy
- Internal Communications & Owned Channels Associate: Nadira Wandari, Kanina Priatna, Bianca Adriennawati, Alya Amalia, dan Andintia Wijayanti
- Media Intelligence: Elison Koenaifi (Media Intelligence Lead), Fitra Malida, Gabriella Aurelia, Laurencia Pandelaki