Research

Perhatikan Tujuh Hal Ini dalam Merancang Siaran Pers

Sepanjang semester pertama 2016,  PR Newswire menggelar survey kepada 482 jurnalis di Asia Pasifik, terutama di enam negara kunci seperti Australia, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Taiwan. Survei yang menyoroti kebiasaan para jurnalis dalam memproduksi berita itu menghasilkan sejumlah temuan menarik.

 

Salah satu temuan yang menarik adalah sepanjang media sosial telah menjadi sumber berita popular bagi wartawan, rupanya siaran pers masih dipandang sebagai sumber berita terpercaya, bahkan sumber informasi yang bermanfaat.

 

Tak heran, jika media profesional merasa semakin penting untuk mendiversifikasi kemampuan mereka di era digital. Termasuk, mendiversifikasi pengetahuan dan keterampilan seperti video editing, hingga menciptakan infografis.

Laporan PR Newswire juga menyebutkan bahwa lebih dari separuh responden (62%) menulis sekitar 1-5 artikel berita per minggunya. Sedangkan 71% dari 482 wartawan mengatakan bahwa mereka  menerbitkan atau mengedit hingga 20 artikel. Sementara itu, rata-rata lebih dari 48% memerlukan dua sampai lima jam untuk memverifikasi informasi yang telah dikumpulkan. Adapun 20% wartawan  mengatakan mereka mampu menyelesaikan verifikasi data dalam waktu satu jam.

Ada tujuh informasi yang membuat wartawan mau melihat,  membaca, dan mempertimbangkan siaran pers atau press release sebagai sumber berita mereka. Pertama, 27% wartawan akan melihat siaran pers jika informasi bersifat newsworthy stories. Kedua, 19% akan melihat siaran pers yang menghadiran cerita yang menarik, seperti produk baru, teknologi, dan model bisnis. Ketiga, 14% wartawan akan melihat materi rilis yang menyajikan multimedia, termasuk berbagai gambar atau infografis.

Keempat, 11% wartawan akan melihat informasi seputar kontak spoke person atau corporate communication dari siaran pers. Kelima, 10% wartawan akan melihat komentar dari ekesekutif perusahaan yang kompeten dan ahli. Keenam, 9% wartawan mengaku melihat informasi seputar isu terkait seperti latar belakang perusahaan dan informasi produk. Ketujuh, 9% wartawan melihat sudut pandang dari tokoh senior di industri terkait.

Page: 1 2

Dwi Wulandari

Recent Posts

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

16 hours ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

17 hours ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

1 day ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

1 day ago

Jelang Liburan Musim Panas, Vietjet Gelar Program Promo untuk Pelanggan dan Wisatawan

MIX.co.id - Memasuki liburan musim panas, Vietjet menghadirkan program consumer promo untuk para pelanggan loyal…

2 days ago

Grand Rakata Residence Hadirkan Klaster Premium Bergaya Skandinavia

MIX.co.id - Pengembang perumahan di kota Cilegon-Banten yang merupakan unit bisnis dari PT Krakatau Sarana…

2 days ago