Pameran selular kerap dimanfaatkan para exhibitor sebagai ajang promo harga murah demi mencetak sales sebanyak-banyaknya. Namun, tidak jarang mereka mengesampingkan ‘bumbu’ kreativitas dalam eksekusinya. Dengan mengombinasikan produk dan exhibition, XL hadirkan konsep booth yang interactive, dan terbukti berhasil menjangkau audience sekaigus menciptakan engagement antara brand dengan konsumen dalam ajang Indocomtech 2013.
Dikatakan Senior Manager Marketing Event Activation & Community PT XL Axiata Tbk. Syarifudin, untuk sukses menggelar exhibition yang mampu menarik konsumen hingga menciptakan efek word of mouth, bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan konsep booth yang matang, creative dan interactive sehingga menarik pengunjung untuk masuk ke booth XL.
Oleh karena itu, dengan mengangkat tema “XL Rumahnya Android, Powered by Hotrod 3G+” dalam perhelatan Indocomtech 2013, XL pun tertantang untuk menciptakan unique selling point yang berbeda dan belum pernah dilakukan oleh produsen lain di Indocomtech 2013. XL juga tidak sekadar menawarkan sejumlah program promo, tetapi juga menyajikan konten booth yang unik dan menarik.
“Kuncinya adalah bagaimana kita bisa menarik para konsumen untuk terlebih dahulu masuk ke dalam booth. Karena mereka penasaran ingin mencoba sesuatu hal yang baru yang di hadirkan di booth XL, seperti games seru yang menggunakan teknologi terkini yang sangat atraktif dan interaktif, untuk kemudian mereka juga bisa menikmati services XL yang lain dan tentunya program bundling serta promo-promo yang dihadirkan di ajang indocomtech 2013,” ungkap pria yang biasa disapa Arif itu.
Ia juga menjelaskan, dalam setiap exhibition—termasuk ajang Indocomtech 2013—ada tiga hal yang selalu XL hadirkan. Pertama, membuat antrean yang mengundang kehebohan di booth. Untuk menciptakan antrean, XL berupaya menghadirkan konsep acara yang menarik, booth yang unik dan berbeda dengan booth lainnya.
Kedua, lanjut Arif, dari antrean tersebut, pasti akan tercipta curiousity yang membuat pengunjung lain penasaran dan mendatangi booth XL. “Di sini kami juga hadirkan keunikan-keunikan yang tidak ada di booth lain, antara lain games XL Racing yang menawarkan berbagai hadiah menarik. Lalu XL Social Narsis yang akan menampilkan foto pengunjung di giant screen di booth, dan program menarik lainnya,” kata Arif.
Ketiga,—setelah sukses menghadirkan dua hal tersebut di booth XL— sales pun akan tercipta dengan sendirinya. “Artinya, di exhibition itu yang terpenting kita harus create curiosity, sebelum akhirnya konsumen tertarik untuk melakukan transaksi atau pembelian. Interest mereka kita bangun lewat konten-konten yang interaktif dan atraktif di booth. Untuk itulah, customer journey penting untuk di perhatikan, dan perlu untuk dibangun terlebih dahulu,” jelas Arif lagi.
Untuk itu, imbuhnya, XL pun selalu berupaya mencari ide yang kreatif lewat setiap aktivitasnya. “Kami tidak ingin hanya teriak ‘paling murah’ atau ‘paling bagus’, itu kan sudah biasa terjadi di setiap kegiatan exhibition. Jadi, kami selalu menghadirkan cara lain yang berbeda dan unik untuk para pelanggan yang pada akhirnya bisa mencipatakan engagement antara customer dengan brand XL,” pungkas Arif.
MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…
Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…
MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…
MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…
MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…
MIX.co.id - Smartfren melalui gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia meraih penghargaan kategori perak dalam ajang…