Di tengah maraknya brand memanfaatkan media digital sebagai kanal komunikasi merek, platform edukasi Zenius justru memanfaatkan media luar ruang atau Out of Home (OOH), sebagai kanal kampanye komunikasinya. Melalui videotron raksasa di area gedung IDX, SCBD-Jakarta, Zenius mencoba mencuri perhatian para pengguna jalan yang lalu lalang di kawasan tersebut.
Videotron raksasa berlatar belakang ungu yang terpampang di kawasan tersebut tak menampilkan promosi apapun. Hanya menampilkan sekelebat beberapa warga Jakarta yang sedang beraktivitas seperti biasa disertai dengan angka countdown di bagian tengah.
Alhasil, sejak awal pekan ini, tagar #VideotronUngu menjadi trending topic di Twitter. Ribuan netizen mengirimkan tweet bernada penasaran, dengan mempertanyakan videotron yang terpampang di depan gedung IDX, SCBD.
Seorang pengguna Twitter dengan username @Bayu_joo, misalnya, keheranan melihat videotron berlatar ungu yang hanya menampilkan seorang laki-laki sedang tersenyum. Padahal, biasanya layar tersebut penuh dengan tayangan iklan dari berbagai brand.
Video pendek yang ia bagikan di Twitter pun sudah dilihat oleh lebih dari 20.000 netizen dan mengundang berbagai komentar kocak. @Wisenu_PRW misalnya, membalas dengan kalimat, “Gini nih kalo kawasan rang rang crazy rich indonesia, video di aplotnya ke videotron.”
Ada juga @amelputranti yang men-tweet, “Kalo malem terangnya bukan maen, saking terangnya bisa menerangi kehidupan yg blur itu videotronnya”.
Setelah beberapa hari membuat penasaran para pengguna jalan dan netizen, akhirnya Zenius menjawab tuntas pada hari ini (7/8). Ternyata, videotron ungu yang sempat viral tersebut dipersembahkan oleh Zenius.
Hitung mundur yang dimulai sejak tiga hari lalu berujung pada tayangan edukasi live yang dapat ditonton oleh semua orang yang ada di sekitar videotron. Tepat pada pukul enam sore, videotron ungu ini resmi menampilkan tutor dari Zenius yang mengajak para pengguna jalan untuk berinteraksi secara langsung. Interaksi terjadi antara tutor yang ada di layar videotron dengan para pengguna jalan di daerah itu. Adapun interaksi berupa kuis, tanya jawab, hingga obrolan.
Videotron ungu ini merupakan bagian dari kampanye #IniBeneranLive dari platform edukasi Zenius. Diungkapkan Ary Mozta, Head of Social Media and Communications Zenius Education, kampanye #IniBeneranLive bertujuan untuk menunjukkan bagaimana Zenius selalu menawarkan konten-konten edukasi dan persiapan ujian dengan cara yang unik dan secara live.
“Melalui platform dan aplikasi, setiap pengguna dapat mengakses sumber pembelajaran kapan saja dan dari mana saja, termasuk dari medium yang tak pernah terpikirkan sebelumnya, yaitu videotron,” ujarnya.
Melalui kampanye itu, Zenius ingin menyampaikan pesan bahwa Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tak harus berlangsung di sekolah. KBM bisa berjalan di mana saja, baik di rumah, tempat les, bahkan di jalanan umum di ibukota, seperti yang dibuktikan oleh sang videotron ungu.
Kreativitas Zenius pada kampanye #IniBeneranLive terbukti berbuah manis,...