Daikin Resmikan Daikin Center of Excellence di SMK NU Ungaran

MIX.co.id - Daikin kembali mewujudkan komitmennya untuk berkontribusi pada peningkatan pendidikan Indonesia dengan meresmikan Daikin Center of Excellence, yang merupakan pusat keunggulan di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatul Ulama Ungaran, Jawa Tengah, pada akhir Agustus ini (27/8). Daikin Center of Excellence didedikasikan bagi pengembangan kompetensi siswa didik dan tenaga pengajar.

“Pengembangan Daikin Center of Excellence bagi sekolah vokasi ini merupakan bagian dari upaya keberlanjutan Daikin untuk semakin bersinergi dengan pemerintah dalam kerangka pengembangan kompetensi pendidikan vokasi. Daikin Center of Excellence di SMK NU Ungaran ini tercatat sebagai pusat keunggulan Daikin pertama bagi SMK swasta," ungkap Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.

Keberadaan Daikin Center of Excellence sebagai keberlanjutan sinergi Daikin dengan pemerintah dalam pembangunan pendidikan vokasi di Indonesia sendiri, tak lepas dari penandatanganan nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada 25 Juli 2019 silam.

Merujuk nota kesepahaman tersebut, Daikin berkolaborasi dengan SMK meliputi beberapa aspek. Termasuk di dalamnya, pengayaan kurikulum untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan industri, pelatihan dan program guru tamu, uji kompetensi, hingga sertifikasi industri. “Keberadaan pusat keunggulan Daikin Center of Excellence merupakan tahap lanjutan dari berbagai kolaborasi ini yang sudah berjalan dengan baik sebelumnya,” lanjut Budi Mulia.

Memasuki DAIKIN Center of Excellence di SMK NU Ungaran sendiri tak ubahnya seperti ruang kelas dengan papan tulis dan meja pengajar berada didepan. Sementara pada salahsatu dinding kelasnya tertutup poster yang berisikan berbagai pengetahuan terkait AC.

Selain AC untuk kebutuhan hunian, terdapat pula deretan AC Daikin yang dibuat khusus untuk kebutuhan bangunan komersial. Tatanan khusus perangkat AC ini disiapkan untuk berbagai praktik, di antaranya proses instalasi, troubleshooting AC hingga refrigerant recovery.

“Melengkapi bangunan fisiknya, kami pun telah menyiapkan berbagai program untuk mendukung keberadaannya dalam peningkatan kompetensi siswa dan tenaga pengajar. Program ini merupakan penguatan dari kolaborasi sebelumnya. Termasuk di antaranya pengayaan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, pengadaan pelatihan dari Daikin sebagai guru tamu, hingga praktik kerja lapangan bagi guru dan siswa," lanjutnya.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)