Brand Activation Community

LULULEMON: DARI KITSILANO KE PANGGUNG GLOBAL DALAM 25 TAHUN

Dimulai dari sebuah toko kecil di Vancouver, Lululemon kini merayakan perjalanan 25 tahunnya, berkembang menjadi merek global dengan fokus yang tak pernah bergeser dari komunitas dan inovasi.

.

.

Ketika Lululemon membuka toko pertamanya di tahun 1998 di lingkungan Kitsilano, Vancouver, merek ini berfokus pada penciptaan produk yang sesuai dengan kebutuhan komunitas lokal. Sekarang, 25 tahun kemudian, mereka terus membawa fokus terhadap komunitas itu ke panggung global.

“Dasar unik yang membawa kami ke titik ini akan terus memandu kami dalam fase pertumbuhan selanjutnya,” ujar Celeste Burgoyne, Presiden Lululemon untuk Amerika dan inovasi tamu global. “Kami terobsesi dengan produk, fokus pada koneksi manusia dan selalu mencari setiap kesempatan untuk berfokus pada komunitas.”

Lululemon berawal dari sebuah ide, menurut Calvin McDonald, CEO, dengan membawa ide segar dalam pakaian aktivitas fokus wanita dan membangun sebuah komunitas. Pendekatan ini pertama kali mendapatkan sambutan di Kitsilano dan sejak itu telah berkembang dengan memiliki 650 toko di 18 negara.

Lululemon mencapai pendapatan $1 miliar pada tahun 2011 dan naik menjadi $8 miliar pada tahun 2022. Tujuan untuk mencapai penjualan $12.5 miliar pada tahun 2026 didorong oleh tiga pilar pertumbuhan, menurut McDonald. Fokus Lululemon adalah pada produk, dengan mencari cara untuk menggandakan bisnis pakaian pria sambil meningkatkan bisnis pakaian wanita secara signifikan.

Mereka ingin membangun koneksi yang lebih dalam dengan konsumen dengan menggandakan bisnis e-commerce sambil meningkatkan penjualan toko secara signifikan. Dan mereka memiliki rencana ekspansi pasar internasional yang agresif, dengan tujuan untuk mengempatkan bisnis sambil meningkatkan pertumbuhan di Amerika Utara secara signifikan.

“Kami tidak bisa lebih bersemangat untuk melihat ke belakang dan merayakan dari mana kami berasal dan menantikan ke mana kami akan pergi sebagai merek,” kata McDonald.

Bagian Atas Formulir

Dalam era hyper-connected yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan sehari-hari, strategi merek menjadi komponen penting dalam kesuksesan bisnis. Lululemon, pengecer pakaian kebugaran yang berbasis di Kanada, merupakan contoh bagaimana sebuah merek dapat berkembang dari toko pertamanya di lingkungan Kitsilano, Vancouver pada tahun 1998, menjadi sebuah entitas global dengan pendekatan yang tetap berfokus pada komunitas.

Pendirian Lululemon didasarkan pada penciptaan produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunitas lokal, namun sekarang, lebih dari dua dekade kemudian, merek tersebut telah mengekspansi jejak globalnya, dengan menekankan pada produk berkualitas, koneksi manusia, dan pembangunan komunitas sebagai pilar utama pertumbuhannya.

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

STRATEGI EFEKTIF MEMILIH LIVE STREAMER UNTUK MEREK

Memilih live streamer yang tepat krusial untuk meningkatkan keterlibatan konsumen dalam live commerce, memperkuat kepercayaan,…

11 hours ago

BEDA E-COMMERCE DAN SOCIAL COMMERCE

Di era digital yang pesat, pengalaman berbelanja online terus berkembang. E-commerce tradisional dan model social…

13 hours ago

Ketika Dirjen Imigrasi Layani Masyarakat

Pertengahan September (14/9), Dirjen Imigrasi Silmy Karim jadi petugas konter Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta, pada…

19 hours ago

Endgame Gelar Pertemuan Komunitas Terbesar “Endgame Town Hall”

MIX.co.id - Endgame baru saja menggelar ajang pertemuan komunitas terbesar Endgame Town Hall. Digelar di…

1 day ago

Hoya Luncurkan Lensa Kacamata Hi-Vision Meiryo

MIX.co.id - Merek lensa kacamata asal Jepang meluncurkan Hi-Vision Meiryo, sebuah coating inovatif dengan performa…

1 day ago

4.000 Pelari Berpartisipasi di Herbalife Run 2024

MIX.co.id - Tak kurang dari 4.000 pelari meramaikan area Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City,…

2 days ago