PT Bank CIMB Niaga Tbk bekerja sama dengan PT Indonesia AirAsia dan Think BIG Digital meluncurkan kartu kredit co-brand berlogo VISA, pada Senin, (21/4/2014) di Jakarta. Kartu kredit yang menyasar segmen traveling (frequent travelers) di Indonesia ini diprediksi mampu menjaring 9,4 juta penumpang AirAsia Indonesia sepanjang tahun 2014.
Lewat kerja samanya dengan AirAsia, CIMB Niaga menargetkan transaksi kartu kredit akan mencapai Rp 1,6 triliun per bulan, atau meningkat dari tahun lalu sebesar Rp 1,2 triliun per bulan, dengan tambahan Rp 100 miliar melalui kerja sama dengan AirAsia.
Disebutkan oleh Samir Gupta, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Indonesia, “Di tengah persaingan bisnis kartu kredit yang semakin tinggi, dibutuhkan terobosan, salah satunya dengan menciptakan produk yang sesuai kebutuhan pasar. Saat ini, industri pariwisata, baik untuk wisata maupun bisnis (travel industry) mengalami pertumbuhan yang signifikan di Indonesia. Kami melihat kebutuhan pasar dimana pembayaran tiket online dengan kartu kredit meningkat dengan cukup tajam,” katanya.
Oleh karena itu, imbuh Gupta, keputusan bermitra dengan AirAsia Indonesia dan Think BIG Digital melalui co-brand kartu kredit akan menghasilkan sinergi yang kuat bagi semua pihak. “Kami juga akan terus berupaya memberikan fasilitas perbankan, dimana saat ini kami sedang menjajaki kerja sama di bidang lainnya seperti transactional banking,” ucap Gupta.
Sementara itu, Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Andy Adrian Febryanto mengatakan, kerja sama ini juga merupakan salah satu langkah kami dalam meningkatkan pangsa pasar AirAsia di Indonesia. "Karena itu, kartu ini nantinya akan memberikan beragam keuntungan ekslusif kepada seluruh pelanggan setia AirAsia di Indonesia, seperti pengumpulan poin BIG yang lebih cepat untuk dapat ditukarkan dengan tiket perjalanan ke seluruh destinasi AirAsia baik domestik maupun international,” akunya.
Ia menjelaskan, penumpang AirAsia Indonesia yang jumlahnya 7,9 juta di tahun lalu (2013), diprediksi akan mencapai 9,4 juta penumpang pada tahun ini (2014). Ia juga mengklaim saat ini memiliki 34% pangsa pasar penerbangan domestik di Indonesia. "Kami juga akan menambah frekuensi di rute-rute favorit, seperti Jakarta-Kuala Lumpur dan Jakarta-Denpasar, mulai pertengahan tahun ini," pungkas Andy.
Head of Card & Merchant Business Consumer Banking CIMB Niaga, Bambang Karsono Adi mengungkapkan, kerja sama ini akan memicu lonjakan transaksi kartu kredit CIMB Niaga. "Tahun lalu transaksinya sebesar Rp 1,2 triliun per bulan dan tahun ini kami targetkan akan mencapai Rp 1,6 triliun per bulan dengan tambahan Rp 100 miliar melalui kerja sama dengan AirAsia," katanya di Jakarta, Senin (21/4).
Bambang menuturkan, pengguna kartu kredit CIMB Niaga akan terus bertambah. Pada tahun lalu jumlah pemegang kartu kredit CIMB sebesar 1,7 juta nasabah. "Dengan adanya kerja sama ini, kami menargetkan akan ada yang 1,85 juta kartu kredit, atau penambahan sekitar 150 ribu nasabah kartu kredit baru," sebut Bambang.