Corporate News

Tengoklah Tik Tok: Kini Punya 1,5 Miliar Pengunduh

Pengguna TikTok kini melampaui Facebook, Instagram, Messenger, dan Snapchat. Walaupun aplikasi ini tampaknya tidak jauh berbeda dari aplikasi looping, berbagi video lainnya, TikTok telah menarik konsumen yang memiliki kecenderungan menonton konten video, terutama video-video konyol.

Per November 2019, menurut laporan Sensor Tower, TikTok telah
mencapai lebih dari 1,5 miliar unduhan. Ini sekaligus menjadikan TikTok sebagai
aplikasi non-game keempat yang paling banyak diunduh selama 2018. Tahun ini, aplikasi
video pendek ini memiliki 614 juta unduhan atau – untuk periode yang sama — 6
persen lebih banyak dari pada tahun lalu.

TikTok adalah sebuah platform di mana pengguna mengunggah
video 15 detik yang diatur ke cuplikan audio dari basis data aplikasi, mulai
dari suara atau dialog yang tidak masuk akal hingga klip anime yang tidak
jelas. Jika Anda belum pernah menggunakan aplikasi ini, mungkin TikTok lebih
mudah untuk mempersepsikan sebagai reinkarnasi dari Snapchat, atau Vine.

Platform-platform ini kontennya berantakan. TikTok juga
demikian, meski cepat berubah; efek dari kebaruannya terasa di seluruh budaya
pop dan mengalir ke industri musik. Namun menjelang akhir tahun ini, aplikasi
ini menawarkan 500 juta pengguna bulanan, ditambah penampilan bintang tamu dan artis
yang dapat memuji awal karier mereka secara tunggal ke platform. Ini
menggambarkan bahwa  bahwa TikTok memiliki
kelas yang berbeda.

Sejak popularitasnya meningkat tahun ini, aplikasi, yang
telah dimiliki oleh konglomerat media China sejak 2017, telah di bawah pengawasan
untuk berbagai masalah, termasuk pelanggaran privasi data dan penelitian
perangkat lunak pengenalan wajah. Meskipun demikian, TikTok tetap bertahan.
Bahkan Coldplay, yang menjadi salah satu artis musik terbesar di dunia sebelum
media sosial, telah membuat akun TikTok.

Bintang pop dan pembuat konten internet sama-sama menemukan
bahwa TikTok hanyalah cara lain untuk memotong perantara: membiarkan para
pendengar yang paling tahu apa yang paling ingin mereka dengar, tanpa
membiarkan radio berputar atau pertunjukan televisi larut malam mendikte itu
untuk mereka.

Statistik TikTok

-TikTok memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna.

-60% dari pengguna aktif bulanan aplikasi di AS
berusia 16 hingga 24 tahun.

-TikTok menciptakan fitur e-commerce.

-Orang Amerika telah menghabiskan lebih dari $
23,1 juta untuk mata uang virtual TikTok sejak 2018.

-Hanya 4% dari pemasar media sosial A.S.
menggunakan platform ini.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Inovasi AI Mentransformasi Industri Telekomunikasi

MIX.co.id – Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi pusat dari industri telekomunikasi saat ini…

54 mins ago

FNM Society, UNFPA, dan Takeda Dorong Perempuan Indonesia Sehat dan Berdaya

MIX.co.id - Farid Nila Moeloek (FNM) Society, United Nations Population Fund (UNFPA), dan Takeda, menggelar…

2 hours ago

Lenovo Donasikan Laptop dan Sembako ke Sekolah dan Panti Asuhan di Jadetabek

MIX.co.id – Lenovo terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan…

11 hours ago

Bidik Perempuan, WRP Hadirkan We Shape 2.0 dan Power Partner

MIX.co.id – Untuk mendukung perempuan lebih sehat dalam menjalani puasa Ramadan, WRP Indonesia menghadirkan program…

12 hours ago

Perkuat Konektivitas Jalur Mudik, Indosat Gelar Ekspedisi Jaringan Andal

President Director & CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (kanan) memberikan keterangan pers saat Media…

13 hours ago

Memasuki Usia 32 Tahun, ANTV Pastikan Tidak dalam Proses Akuisisi

MIX.co.id - Memasuki usia ke-32 tahun, ANTV menggelar marketing gathering sekaligus iftar bertajuk "ANTV Teruss…

13 hours ago