PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) secara resmi mengekspor sedan Vios ke sembilan negara di Timur Tengah, diantaranya Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Yordania, dan Yaman.

Upaya mengekspor sedan Vios ini juga merupakan bagian dari rencana TMMIN untuk meningkatkan ekspor hingga 30 persen pada 2015, dibandingkan tahun 2013.

Pada tahap awal, TMMIN akan mengekspor 1.000 unit Vios per bulan. Setelah itu, secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 3.000 per bulan.

“Ini adalah pertama kalinya Toyota Indonesia mengekspor varian sedan ke negara-negara di Timur Tengah. Dengan ekspor Vios tersebut, Toyota juga menjadi perusahaan otomotif pertama di Indonesia yang mengekspor sedan ke berbagai negara,” ujar Managing Officer Toyota Motor Corporation Hiroyuki Fukui, di Karawang, Jawa Barat, Rabu (26/3).

Sementara, Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami menambahkan, sedan Vios yang diekspor ke negara-negara di Timur Tengah tersebut di-branding dengan nama "Yaris Sedan”. “Upaya mengekspor sedan Vios ini juga merupakan bagian dari rencana TMMIN untuk meningkatkan ekspor hingga 30 persen pada 2015, dibandingkan tahun 2013,” katanya.

Tahun lalu, imbuh Nonami, TMMIN mengekspor sekitar 118 ribu unit mobil ke berbagai negara di dunia, termasuk kawasan ASEAN, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin. "Kami mengharapkan terus dukungan pemerintah untuk meningkatkan daya saing antara lain dengan peningkatan pembangunan infrastruktur termasuk jalan dan pelabuhan Cilamaya," ungkapnya.

Sebelum mengekspor Vios, selama ini TMMIN telah memproduksi dan mengekspor sejumlah produk Toyota lain, diantaranya kendaraan serbaguna (MPV) Kijang Innova dan kendaraan sport (SUV) Fortuner.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)