Corcomm & PR

Mengapa Praktisi PR Lebih Suka Menggunakan AVE?

Meski ditolak oleh banyak akademisi, konsep pengukuran AVE banyak digunakan oleh para praktisi.  Menurut Noble (2010), komentator dan peneliti boleh saja mengkritik AVE. Realitasnya, kritikan itu hanya cocok untuk kepentingan kajian, namun tidak praktis digunakan dalam praktik PR.

Sebuah studi internasional terhadap lebih dari 500 praktisi PR yang dilaporkan pada pertemuan tingkat tinggi untuk pengukuran PR di Berlin pada Juli 2009 menemukan bahwa AVE adalah metode pengukuran ketiga yang paling populer untuk menilai efektivitas komunikasi.

Penggunaan model AVE menempati peringkat tertinggi setelah jumlah kliping dan ulasan internal, dan pertama di antara metode penilaian kegiatan public relations. Hal ini ditunjukkan dengan adanya sekitar 35% responden yang ‘puas’ atau ‘sangat puas dengan AVE sebagai alat ukur (Daniels & Gaunt, 2009).

Meskipun pendekatan akademis untuk pengukuran dan evaluasi sebagian besar lebih menyukai metodologi ilmu sosial namun banyak praktisi PR yang mendukung metode AVE. Penggunaan metode AVE oleh praktisi PR terus digunakan, bahkan meluas untuk mengekspresikan nilai keuangan dari aktivitas public relations.

Hal ini “dibenarkan atas dasar kebijaksanaan yang diterima bahwa liputan editorial lebih kredibel daripada iklan” (Noble, 2010, p. 2) meskipun tidak ada penelitian objektif yang mendukung klaim ini (Weiner & Bartholomew, 2006).

Selain itu, dari sisi penerapan penilaian, penggunaan AVE adalah memudahkan dalam perhitungannya dan sesuai dengan tuntutan pelaporan dari manajer dan klien yang kini banyak ditekan secara finansial. Dalam salah satu tulisannya, Morris dan Goldsworthy tahun 2012 menjelaskan beberapa alasan praktisi PR menggunakan AVE.

Menurut mereka, kelebihan AVE adalah relatif mudah untuk dihitung. Selain itu, metode pengukuran itu dianggap sebagai satu-satunya cara yang murah, cepat dan mudah untuk menempatkan nilai moneter yang konkret pada pekerjaan PR. “Ini adalah bahasa yang dipahami bisnis dan sangat penting ketika anggaran berada di bawah tekanan,” kata mereka. .

Pandangan bahwa praktisi PR tunduk pada tekanan manajemen dalam penggunaan AVE didukung oleh Leinemann dan Baikaltseva (2004):

“Sangat sering manajer tingkat tinggi – dan terutama pengontrol keuangan – menyukai ukuran ini karena memberi mereka hasil dalam bahasa yang mereka gunakan: dolar. Akibatnya, manajer PR sering dengan terpaksa menggunakan kriteria ini” (hal. 59).

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

PLN Berkolaborasi dengan Alunjiva Gelar “Synergy Fest 2024”

MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Disabilitas Internasional, PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Alunjiva Indonesia menggelar…

3 days ago

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

3 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

3 days ago

Buka di Stasiun Gambir, Smartfolks Coffee Targetkan 300 Outlet di 2025

MIX.co.id - Berawal dari satu gerai di area Kampus Trisakti pada September 2019, kini Smartfolks…

3 days ago

Rayakan Re-Launching T-Rex 3, Amazfit Gelar “Gear Up for Adventure”

MIX.co.id – Amazfit, brand global dalam teknologi wearable, merayakan re-launching smartwatch Amazfit T-Rex 3 dengan…

3 days ago

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago