Astra Green Lifestyle, The Best CSR of the Year 2015

ASTRA360

Astra Geen Lifestyle (AGL) raih penghargaan The Best Corporate Social Initiative pada perhelatan Indonesia PR Program of the Year 2015

Astra lewat program Astra Geen Lifestyle (AGL) berhasil meraih penghargaan sebagai salah satu The Best Corporate Social Initiative pada perhelatan Indonesia PR Program of the Year 2015.

Dengan strategi Kenali-Lakukan-Ajarkan, Astra Green Lifestyle (AGL) dieksekusi sebagai kampanye gaya hidup ramah lingkungan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup. Melalui AGL, pengunjung diharapkan bisa mendapat inspirasi untuk hidup secara ramah lingkungan—melalui kegiatan pengelolaan lingkungan yang dilakukan Astra (Kenali), mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan (Lakukan), sehingga terinspirasi untuk mengajarkannya ke orang lain (Ajarkan). AGL diisi oleh banyak kegiatan, salah satunya Jakarta Green Run (JGR) dan Bali Green Run (BGR). Pada JGR, Astra menyumbangkan bibit pohon yang jumlahnya sebanyak jumlah partisipan/pelari—setiap pelari dianggap menyumbangkan satu bibit pohon. Pada saat mendaftar, para pelari juga diharuskan membawa 10 botol plastik bekas untuk mendapatkan cash back dari biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000

Selain event lari, AGL juga mengadakan green action dalam bentuk kampanye program lingkungan dan keselamatan Astra. Antara lain melalui penanaman 550.000 pohon di seluruh Indonesia, penanaman pohon di hulu dan hilir Jakarta, program bank sampah, program konservasi air di bantaran kali Ciliwung, yang kemudian diintegrasikan dengan kampanye Safety Riding & Driving (road safety) serta komitmen Astra bersama Korlantas sebagai pelopor keselamatan berlalu lintas. Dalam program exhibition, mereka membesut sebuah act culinary festival, lomba masak sehat, serta menggandeng beberapa komunitas untuk mengisi booth. Untuk segmen anak sekolah, mereka mengadakan Astra Recycle Competition. Aktivitas itu diintegrasikan dengan program digital (Jakarta Green Run Digital Activity 2014) dalam bentuk kompetisi foto di Twitter yang mampu meraih128,809 orang, dan diklik 249.324 kali.

Gerakan penghijauan ini dipuji oleh juri Bambang Sumaryanto sebagai program yang memiliki konsep bagus karena mulai dengan tahapan yang jelas yaitu mengenali, melakukan dan mengajarkan, yang dikemas dengan berbagai bentuk kegiatan. Acara puncak yang dilakukan di beberapa kota menambah nilai plus program karena memperluas gaung program sehingga diharapkan bisa menginspirasi peserta lebis luas. Sementara juri Indira Abidin memberi catatan positif dalam hal kontinuitas yang selalu meningkat setiap tahun serta melibatkan internal dan eksternal serta publik digital. Astra tambapknya cukup puas dengan PR Value yang dihasilkan program ini secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)