Public Relations

Bagaimana Seharusnya Garuda Menghadapi Krisis Komunikasi dan “Sindiran” AirAsia?

Yang menarik dicermati adalah langkah sang kompetitor, meskipun bukan kompetitor langsung, AirAsia. Perusahaan penerbangan asal Malaysia itu justru memanfaatkan momen krisis Garuda dengan menggelar kampanye #BahagiaBersamaAirAsia. Kampanye tersebut mengajak penumpangnya untuk mengikuti kontes foto saat terbang bersama AirAsia mulai 17-22 Juli 2019, dengan hadiah tiket gratis ke Lombok atau Labuan Bajo.

Menurut Istijanto Oei, Dosen Komunikasi Univeristas Prasetiya Mulya, dunia saat ini, terutama sejak adanya media sosial sudah masuk dalam tahap “padat informasi” termasuk yang riil maupun hoax. Untuk sifatnya, informasi bisa dipilah menjadi tiga, ada yang positif, netral, maupun negatif. “Di sinilah baik perusahaan maupun konsumen (youtuber atau instagrammer) bisa memiliki dua kepentingan berbeda. Perusahaan mengharapkan konten-konten yang positif, sebaliknya youtuber atau instagrammer berkepentingan dengan jumlah views,” ujarnya.

Makna konten yang diunggah menjadi pilihan bagi youtuber atau instagrammer terhadap kanalnya. Konten yang positif akan menimbulkan WOM (Word of Mouth) positif atau merekomendasikan. Sebaliknya konten negatif berpeluang menciptakan WOM negatif atau tidak merekomendasikan. Sudah lama diketahui bahwa Kekuatan WOM jauh lebih besar dari iklan.

“Hal ini menjadi peluang bagi perusahaan jika mendapat konten positif. AirAsia yang menggelar kompetisi foto tentu berupaya memanfaatkan WOM positif. Dengan anggaran yang relatif lebih efisien dibanding iklan, maka AirAsia mengharap para penumpangnya akan mengunggah momen yang menyenangkan supaya memenangkan kompetisi foto,” tutupnya.

Page: 1 2 3Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Skincare, Herbalife Luncurkan Herbal Aloe Body Care Series

MIX.co.id - Perusahaan kesehatan dan gaya hidup, Herbalife, meluncurkan lini produk terbarunya, Herbal Aloe Body…

3 days ago

TREN OUTBOUND ENGAGEMENT: SAAT BRAND AKTIF DI KOLOM KOMENTAR

Brand kini tak hanya pasif menunggu audiens. Mereka menyerbu kolom komentar kreator, membangun koneksi, dan…

3 days ago

TRIV Luncurkan Fitur Terbaru Crypto Futures

MIX.co.id – TRIV, platform perdagangan aset kripto, mengumumkan peluncuran fitur terbaru dalam aplikasinya, TRIV Crypto…

3 days ago

So Nice Edukasi Manfaat Protein Hewani ke 380 Sekolah di Jawa dan Bali

MIX.co.id – So Nice, salah satu brand dari Japfa Food, entitas bisnis hilir dari perusahaan…

3 days ago

Tren Media Sosial Terpopuler di 2025: Kreativitas, AI, dan Interaksi yang Lebih Manusia

Di 2025, tren media sosial membuktikan inovasi tidak terbatas: Kreativitas yang melekat pada budaya meme,…

3 days ago

Indosat – AlonOS Kembangkan Kecerdasan Artifisial di Indonesia

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha (kanan), dan CEO AIonOS CP Gurnani…

4 days ago