The Best Social PR Program 2019
Sampah masih menjadi persoalan yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data yang ada, dari 400 ribu – 1,3 juta ton sampah yang masuk ke lautan hanya 7 persen sampah plastik yang di daur ulang. Keprohatinan inilah yang memecut Danone Indonesia menyelenggarakan program #Bottle2 Fashion Exploration.
Melibatkan para jurnalis dan komunitas Gita Laut dan didukung Kementerian Kelautan dan Perikanan, kegiatan diisi dengan mengumpulkan sampah di Kepulauan Seribu. Selain itu, para jurnalis mengeksplorasi program #Bottle2Fashion, yakni pengolahan kembali sampah plastik menjadi produk fashion yang dikembangkan Danone-Aqua di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.
Menurut Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia,pihaknya menggelar program #Bottle2Fashion sebagai upaya perusahaan untuk mengurangi permasalahan sampah plastik yang terbuang ke laut.
“Sejak tahun 1993 kami mempromosikan inisiatif daur ulang pertama melalui program Aqua peduli dan sekarang kami dapat mengumpulkan 12.000 ton plastik setiap tahunnya melalui 6 Recycling Business Unit di berbagai lokasi di Indonesia,” katanya.
Program ini juga sekaligus menciptakan manfaat ekonomi bagi ratusan pemulung dan pendaur ulang. Inisiatif ini juga sejalan dengan Gerakan Bijak Berplastik untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih.
Kegiatan yang diselenggarakan pada 24-25 April 2019 ini mampu mengedukasi khalayak tentang pentingnya semua pihak menjaga kebersihan laut yang ada di Kepulauan Seribu. Tercermin dari coverage pemberitaan di berbagai media tentang program #Bottle2 Fashion Exploration sebagai komitmen nyata Danone-Aqua yang peduli terhadap kelestarian laut dengan cara membersihkan sampah plastik dan mendaur-ulangnya.
“Kegiatan merupakan komitmen perusahaan memberdayakan masyarakat setempat melaui 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Mengembangkan orang untuk bijak menggunakan plastik,” ujar juri Bambang Sumaryanto mengomentari program tersebut.