Citi “Petualangan Agen Penny”

Citi, sebuah perusahaan jasa keuangan terkenal di dunia yang di Indonesia masyhur dengan layanan Citibank-nya, pada tahun lalu mencoba meggiatkan kembali atau mengkampanyekan lagi kebiasaan menabung anak-anak Indonesia lewat program “Petualangan Agen Penny.”

Citibank Indonesia Agent Penny ok

Target utama yang disasar kampanye ini adalah ribuan siswa dari keluarga berpenghasilan rendah usia 10-12 (5-6 SD) di DKI Jakarta. Sementara target sekundernya adalah para orangtua siswa dari 10% jumlah siswa, dan 170 Guru Sekolah Dasar.

Eksekusi program dibuat semenarik mungkin dengan melibatkan karyawan Citi sebagai relawan sekaligus host program. Program dikemas lewat pentas teater bertajuk “Petualangan Agen Penny” yang diperankan oleh aktor dan aktris Teater Koma. Teater Petualangan Agen Penny ini berisi tentang cerita-cerita manajemen keuangan dengan karakter Agen Penny sebagai tokoh sentralnya. Pada pentas teater yang sarat muatan edukasi untuk anak-anak ini, Citi berusaha membangun citra Agen Penny sebagai sahabat anak-anak usia dini.

Pembangunan karakter Agen Penny sebagai sahabat anak-anak ini diperkuat lewat akun Facebook Agen Penny dimana anak-anak dapat berteman dengan sang tokoh. Strategi ini cukup berhasil, karena sampai naskah ini dibuat, jumlah friends akun Facebook Agen Penny telah mencapai maksimum kuota (5.000 friend). Melalui Website dan Facebook Agen Penny, Citi berharap anak-anak terus berhubungan, berkomunikasi, dan bertanya kepada Agen Penny mengenai kegiatan karakter ini dan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan.

Selain pentas teater di 75 sekolah, dan engagement lewat digital channel, bersama Yayasan Mitra Mandiri Indonesia (YMMI), lembaga nirlaba yang concern pada persoalan-persoalan edukasi, kesehatan, dan income, Citi menyelenggarakan lomba pembuatan celengan di sekolah-sekolah yang dikunjungi Agen Penny. Lomba ini ditujukan untuk meningkatkan kreativitas dan minat anak dalam menabung, serta untuk mengukur partisipasi siswa, guru, dan sekolah dalam menumbuhkan kebiasaan menabung. Citi juga membagikan buku komik Petualangan Agen Penny ke sekolah-sekolah agar pihak sekolah dapat meneruskan program dengan ilmu dan pesan yang dikemas dalam komik.

Program ini dinilai berhasil, ditunjukkan kunjungan siswa ke Website Agen Penny sebanyak 18.132 kali pada 2012 dan 31.753 kali pada 2013. Tingginya kunjungan atau hits ini didorong oleh program-program kompetisi. Keberhasilan lainnya ditunjukkan oleh banyaknya sahabat Agen Penny yang meminta karakter ini untuk kembali mengunjungi sekolah-sekolah mereka. Lebih dari 65% dari jumlah audience yang pernah terlibat dalam program Petualangan Agen Penny meminta tim Agen Penny untuk kembali mengunjungi sekolah-sekolah mereka.

Pada 2014, YMMI bahkan membentuk komunitas anak menabung yang disebut KAMI PeKa (Komunitas Anak Menabung Indonesia Peduli dan berKarya) dan menjadikan hari Rabu sebagai hari menabung di sekolah bekerja sama dengan Bank daerah atau lokal.

Salah satu juri PR Program of the Year 2014 M. Gunawan Alif menilai program ini merupakan terobosan. “It is kind of breakthrough,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)