Public Relations

MENGAPA PR BERBASIS DATA MAKIN PENTING DI ERA CHATGPT?

Saya percaya ini adalah momen yang tepat untuk PR berbasis data—di era ChatGPT dan AI, di mana akses ke data besar dan analisis mendalam menjadi lebih mudah dan efisien. Alat-alat AI dapat membantu mengotomatisasi tugas-tugas yang memakan waktu seperti pemantauan media, analisis sentimen, hingga pengelolaan media sosial, membebaskan para profesional PR untuk lebih fokus pada strategi yang lebih kompleks dan pembinaan hubungan yang lebih mendalam.

Mengintegrasikan pendekatan berbasis data dalam PR bukan hanya tentang efisiensi, tapi juga tentang membangun narasi yang lebih kuat dan meyakinkan. Di dunia yang terus-menerus dibombardir dengan informasi—banyak di antaranya menyesatkan atau tidak akurat—kemampuan untuk menyajikan cerita yang otentik dan didukung oleh data yang solid bukan hanya menjadi keuntungan, tapi sebuah keharusan.

Cerita yang kredibel dan bisa diverifikasi ini bukan hanya lebih menarik bagi jurnalis dan influencer, tapi juga lebih mungkin mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari publik yang semakin kritis dan informasi.

Dengan cara ini, PR bukan hanya sebagai alat untuk menyampaikan pesan, tapi juga sebagai platform untuk membentuk opini dan membuat keputusan yang lebih informasi dan bertanggung jawab.

Ini adalah evolusi alami dari praktik PR tradisional ke arah yang lebih dinamis, responsif, dan akuntabel—sebuah langkah besar yang menandai pergeseran dari sekadar mengukur output ke mengukur dampak yang nyata.

Page: 1 2 3Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

PLN Icon Plus dan Pertamina Geothermal Energy Bersinergi untuk Benchmarking Transformasi Bisnis

MIX.co.id - PLN Icon Plus baru saja mendapat kunjungan dari Pertamina Geothermal Energy (PGE). Kunjungan…

2 days ago

Digiplus Resmikan Gerai Baru di SMS 2 Tangerang

MIX.co.id – Digiplus, unit bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk., meresmikan gerai terbaru yang berlokasi di…

2 days ago

Toshiba Resmikan Gerai Shop In Shop di Lampung

MIX.co.id - Perusahaan elektronik Toshiba Lifestyle Indonesia resmi membuka Toshiba Shop In Shop, pada hari…

2 days ago

Ini Empat Inisiatif Rencana Aksi Net5.5G Indonesia

MIX.co.id - Saat ini, pasar global untuk IPv6 (versi terbaru dari Internet Protocol/IP yang dikembangkan…

2 days ago

BrainBoost Money Magnet, Solusi Revolusioner Meraih Sukses Finansial

MIX.co.id – Kesuksesan finansial seseorang bukan hanya dilandasi oleh strategi investasi atau pengelolaan keuangan, tetapi…

2 days ago

Komitmen Bentoel Group terhadap ESG Hasilkan Deretan Penghargaan di Bidang Keberlanjutan

MIX.co.id - Komitmen Bentoel Group dalam menerapkan prinsip Environment, Social, dan Governance (ESG) membuahkan rentetan…

3 days ago