Best of The Best Owned Media 2019
“Flagazine” adalah majalah internal milik Frisian Flag Indonesia, perusahaan multinasional yang bergerak di industri nutrisi berbasis susu. Awalnya media internal ini diberi nama Berita Bendera, namun pada 2008 namanya diubah menjadi Flagazine.
Dari sisi konten, relevansi, dan rubrikasi, berbagai isu yang disajikan “Flagazine” sudah tepat untuk memenuhi kebutuhan informasi pembacanya, yaitu karyawan Frisian Flag. Juri Dyah Hasto Palupi memberi point nyaris sempurna (90) untuk relevansi (kesesuaian konten media dengan target pembaca dan visi misi perusahaan), rubrikasi (mempertimbangkan keunikan, originalitas dan relevansi rubrikasi) serta ilustrasi dan fotografi yang selain relevan juga memberi nilai estetik.
Dari sisi Art (desain, fotografi, maupun ilustrasi), “Flagazine” tercatat sebagai majalah internal yang paling menonjol dibandingkan yang lainnya. Permainan grafis, penyajian foto yang tidak monoton, kualitas foto yang baik, hingga penyajian infografisnya memang menarik untuk disimak oleh pembaca.
Sementara dari sisi bahasa, “Flagazine” menghadirkan bahasa yang lugas dengan judul-judul yang catchy. Gaya bahasa (kesesuaian penggunaan bahasa dengan target pembaca), desain grafis dan aktualitas konten majalah diberi poin 88.
Penerbitan Flagazine menjadi tanggung jawab Departemen Corporate Communications PT Frisian Flag Indonesia. Media internal ini menjadi salah satu tools Public Relations dalam menjalankan aktivitas publisitas, dan memiliki arti penting untuk menyatukan persepsi dan infomasi dengan bahasa yang dapat dimengerti semua stakeholder PT Frisian Flag Indonesia.